Cara Menanam Merica atau Lada, Pohon yang Hasilnya Dibutuhkan Dunia!

tukangkuli.com - Merica atau Lada merupakan bumbu masak yang penting. Harganya di pasaran dunia juga cukup stabil dibandingkan ekspor karet. Bahkan, salah satu penyebab datangnya penjajah ke Indonesia adalah ingin menguasai perdagangan rempah-rempah yang identik dengan merica. Meski Anda dengan mudah menemukannya di pasaran tidak ada salanya mengetahui cara menanam merica sebagai bentuk ketahanan pangan.

Cara Menanam Merica, Tidak Harus di Lahan Luas

Merica atau Lada
kebun.co.id

Merica merupakan tanaman perdu atau semak dan merambat. Jadi, meski tidak mempunyai lahan luas Anda dapat menanamnya sendiri di rumah.

Caranya cukup mudah karena dapat dilakukan langsung menanam biji di lahan. Yang penting, Anda harus menyediakan lahan atau tanam yang tepat, yaitu: 
  • Lahan atau Anda tinggal di wilayah yang cukup sejuk, yaitu berada di ketinggian 300 sampai 1.500 meter di atas permukaan laut.
  • PH tanah harus netral, berada di kisaran 5,5 sampai 7. 
  • Sebaiknya merica ditanam di wilayah yang mempunyai curah hujan cukup tinggi, sekitar 2.500 sampai 3.000 mm per tahun. 
  • Tanaman ini meski ditanam di daerah sejuk memerlukan sinar matahari kurang lebih 10 jam sehari ketika tumbuh. Jadi Anda harus pandai menempatkan posisi lahan atau media tanam. 
Jangan lupa untuk mempersiapkan sulur atau tempat merambat tanaman di lahan atau pot agar merica tumbuh maksimal.

1. Menanam Merica dari Biji

Kebanyakan pohon merica ditanam dari bibitnya. Jika Anda ingin melakukan ini, tidak perlu melakukan penyemaian. Anda dapat langsung menyiapkan lahan yang telah dilubangi dan dimasukkan biji. Lubang bisa diberi jarak 2 x 2 m satu sama lain dan telah didiamkan selama 2 minggu sebelum ditanami

Jika PH tanah belum memenuhi ketentuan, Anda dapat menambahkan dolomit. Begitu pula jika Anda menenamnya di polybag atau pot. Tidak boleh dilupakan bahwa bibit tanaman harus mempunyai syarat bebas dari hama dan penyakit dan berasal dari induk atau tanaman yang sehat.

2. Perawatan Merica

Sama dengan pohon lainnya, tanaman tidak dapat optimal jika tidak dirawat. Anda tidak dapat menanam pohon lalu membiarkannya begitu saja.

Perawatan tanaman merica meliputi: 
  • Penyiraman tanaman dilakukan secara rutin dua hari sekali.
  • Buat drainase jika tanaman ditanam di lahan untuk mengatasi air yang menggenang saat musim hujan. 
  • Penyiangan yang dilakukan secara rutin 3 bulan sekali agar gulma tidak mengambil unsur hara merica. 
  • Pemupukan, yang pertama dilakukan sesaat setelah biji dimasukkan ke dalam lubang. Selanjutnya, pupuk kandanga tau pupuk kompos ditaburkan secara rutin 6 bulan sekali. 
  • Pemangkasan tanaman, perlu dilakukan untuk mengurangi penguapan. Selain itu, pemangkasan juga bertujuan menghilangkan bagian batang dan daun yang layu atau terkena hama dan penyakit tanaman. 
Itulah sedikit ulasan tentang cara menanam merica atau lada! Hasilnya lumayan lho! Pertama kali panen saja, Anda dapat memperoleh sekitar 200 sampai 300 gram merica dari setiap pot. Setelah itu, panen akan menghasilkan sampai 500 gram. Yuk, dicoba!.

Tidak ada komentar untuk "Cara Menanam Merica atau Lada, Pohon yang Hasilnya Dibutuhkan Dunia!"