Cara Membuat Adukan Semen Manual Yang Baik dan Kuat

tukangkuli.com -  Untuk membuat sebuah bangunan seperti bagian dari Rumah pasti diperlukan yang namanya adukan semen dan pasir untuk kebutuhan membuat Beton, Plesteran dan Pasangan bata. Untuk itu disaat membuatnya diperlukan ketepatan didalam meracik bahan-bahannya, agar hasilnya baik dan kuat.

Membuat Adukan Semen Manual Tangan

Sebelum membuat adukan semen coba dipersiapkan terlebih dahulu alat pelindung diri (APD) ini untuk melindungi diri dari bahaya yang terjadi, seperti:
  • Sarung tangan karet
  • Kacamata
  • Masker agar terhindar dari debu
  • Sepatu Boots tahan air
Perlengkapan kerja ketika membuat adukan semen tersebut diperlukan untuk melindungi diri dari bahaya kulit dan organ tubuh lainnya, karena bahan-bahan yang dicampurkan tergolong dari bahan yang berbahaya.

Berikut ini bagian penting yang harus diperhatikan ketika akan membuat adukan semen manual untuk bangunan yang kuat.

Cara Membuat Adukan Semen Yang Baik dan Kuat

1. Memilih Bahan: Semen, Pasir dan Batu Split Terbaik

Pasir Hitam

Didalam membuat adukan semen, baik itu untuk membuat Cor/Beton, Plesteran dan untuk Pasangan bata sangat dianjurkan untuk memilih bahan-bahan terbaik. Jangan gunakan pasir yang mengandung tanah dan lumpur untuk adukan tersebut karena akan mengurangi kerekatan dan adukan. Gunakan pasir yang bersih seperti pasir hitam dan pasir laut. Gunakan Semen berkualitas yang sudah teruji pemakainnya khususnya untuk lokal di wilayahnnya.

2. Takaran / Komposisi yang Sesuai

Gunakan takaran yang sesuai dengan bidang yang akan dikerjakan. Maksudnya adalah ketika membuat Cor/Beton, Plesteran luar, Plesteran dinding kamar tidur dan dinding kamar mandi harus dibedakan, tidak disamakan karena tingkat cuaca dan kelembaban pada bagian tersebut tidak sama.
  • Takaran/perbandingan untuk membuat adukan Beton/Cor adalah Semen/Splite/Pasir : (1:2:3).
  • Takaran/perbandingan untuk membuat adukan plesteran dinding normal seperti dinding kamar adalah Semen/Pasir : (1:4).
  • Sedangkan untuk adukan plesteran yang terdapat cuaca lebih seperti dinding luar rumah dan dinding kamar mandi kurangi takaran pasir yaitu (1:3).

3. Mengaduk Semen dan Pasir dengan Merata

Hal ini penting untuk tingkat kualitas dari adukan itu sendiri. Jika mengaduk dengan terburu-buru dan tidak merata maka tingkat erat daripada adukan akan berkurang. Hal ini membuat bagian yang akan di bangun menjadi tidak awet, plesteran dinding akan mudah terkelupas atau rontok. Atau tingkat kekerasan tidak maksimal.

Aduk secara baik dengan membolak-balikan bahan secara merata secara terus menerus. Tuangkan pasir terlebih dahulu kemudian semen diatasnya dan aduk dua bahan tersebut secara merata, jika sudah kemudian tambahkan air bersih secukupnya secara perlahan dan aduk kembali hingga merata dan melekat secara baik atara bahan-bahan tersebut.

Jangan membuat adukan semen terlalu banyak jika bagian yang akan dibangun hanya sedikit. Hal ini untuk menghindari dari kulitas adukan yang menurun karena terlalu lama nganggur/tidak digunakan. Lebih baik membuat adukan secukupnya kemudian bisa membuatnya kembali.

4. Tambahan Kapur

Batu Kapur

Kapur bangunan baik digunakan untuk memberikan tingkat kelekatan/kelengketan adukan yang lebih tinggi. Bisa gunakan bahan tambahan Kapur untuk bagian bangunan yang terlihat lebih perlu untuk tingkat kerekatan yang lebih, misalkan untuk bagungan dinding luar/pagar yang sering terkena cuaca panas dan hujan, membuat cor jalanan yang sering terinjak-injak kendaraan dan lain sebagainnya.
  • Komposisi tambahan dengan bahan kapur adalah Pasir/Kapur/Semen : (4:2:1).

5. Bersihkan Peralatan Setelahnya

Agar peralatan yang digunakan untuk membuat adukan semen selalu terjaga dan awet maka setiap kali membuat adukan dianjurkan untuk membersihkan sisa adukan yang menempel pada peralatan.

Itulah sedikit cara membuat adukan semen yang dapat tukangkuli.com sampaikan kepada Anda semua semoga dapat bermanfaat ya.

Tidak ada komentar untuk "Cara Membuat Adukan Semen Manual Yang Baik dan Kuat"