Cara Membuat Plur Lantai yang Benar dan Kuat

tukangkuli.com - Membuat Plur lantai atau kadang juga disebut Plester lantai harus dilakukan dengan teliti dan benar agar hasilnya kuat dan tahan awet tidak mudah pecah dan hancur. Plur lantai biasanya dibuat untuk dihalaman rumah yang belum atau akan dilapisi dengan lantai keramik sehingga lantai sementara dibuat hanya dari adukan semen dan pasir saja untuk waktu sementara, meskipun demikian hal-hal penting juga harus diperhatikan agar hasil plur kuat dan tahan lama.

Membuat Plur Lantai Beton Cor

Tidak sedikit juga plur lantai digunakan untuk bagian dari garasi rumah, hal ini juga biasanya dilakukan karena memperhitungkan budget yang minim, jika demikian maka adukan yang digunakan untuk lokasi garasi mobil nantinya harus lebih kuat sehingga adukan yang dipilih adalah adukan untuk beton atau adukan cor. Jika adukan yang digunakan adalah adukan biasa pastinya akan mudah rusak karena nantinya akan digunakan untuk parkiran mobil yang mempunyai kekuatan tekan yang lebih berat.

Baik mari kita bahas bagaimana membuat plur lantai yang benar dan kuat dibawah ini.

Cara Membuat Plur Lantai yang Benar dan Kuat

Membuat Plur Lantai Halaman Biasa

  1. Langkah pertaman yang harus dilakukan adalah persiapkan bahan-bahan yang akan digunakan seperti: Pasir, Semen, Air, Ember, Tanah urugan (opsional), Waterpas, Tali bangunan, Paku/Patok, Jidar, Cetok, dan lain-lain.
  2. Membuat tinggi pluran yang akan dibuat dengan waterpas dan tali. Buat dengan ketinggian yang rata/sama tinggi kemudian tali diikat dengan patok yang sudah disiapkan disetiap ujung bidangnya. Buat petakan-petakan bidang yang akan dikerjakan secara teratur dan bertahap, jangan lakukan secara langsung jadi untuk seluruh bidang karena bisa membuat ketinggian atau ketebalan pluran tidak rata.
  3. Pastikan bidang yang akan diplur sudah rata dan padat. Jika belum maka bidang lantai bisa diratakan dahulu dengan tanah urug atau pasir, bisa juga dengan pecahan bangunan kemudian dibadatkan dengan cara dihancurkan dan dipukul.
  4. Basahi bidang yang akan di plur dengan air secukupnya agar lantai basah/jenuh sehingga mudah merekat dengan adukan dan semakin kuat.
  5. Membuat adukan semen dan pasir dengan takaran yang cukup. Takaran yang baik untuk plur lantai biasa adalah 1:3 - 1:4. Jika ingin tau bagaimana membuat adukan semen yang baik coba buka pada artikel berikut ini, cara membuat adukan semen yang benar dan kuat.
  6. Buatlah adukan semen secukupnya jika bidang yang akan dikerjakan terlihat lebar bisa dibuat adukan dengan 2-3 kali pengadukan semen. Agar kualitas dari adukan semen tetap baik.
  7. Tuangkan adukan semen kebidang yang akan diplur secukupnya kemudian ratakan dengan jidar, jika terdapat bagian yang masih bergelombang bisa tambahkan dengan adukan kembali dan tarik jidar kembali atau ratakan dengan kayu penghalus lainnya.
  8. Ulangi proses nomor 7 secara terus menerus hingga semua bidang selesai di plur. Kemudian tunggu pluran kering dan bisa digunakan.
  9. Tambahan, jika plur lantai ingin terlihat licin dan mengkilap bisa gunakan ampas kelapa yang digosokan ke seluruh bagian lantai sampai terlihat mengkilap.

Membuat Plur Lantai Cor/Beton

  1. Langkah pertaman yang harus dilakukan adalah persiapkan bahan-bahan yang akan digunakan seperti bahan yang terdapat pada poin nomor 1 pada cara membuat plur lantai biasa diatas dan ditambah persiapkan Besi secukupnya untuk tulang cor sebagai penguat.
  2. Selanjutnya sama diikuti seperti cara di poin nomor 2-4 diatas.
  3. Membuat/menyusun tulang penguat dengan besi. Rakit menyilang dan bentuk besi tulang diseluruh bidang plur. Ikat atau las besi pada setiap pertemuan antar besi. Cara ini membuat pluran semakin kuat dan kokoh.
  4. Membuat adukan cor dengan takaran yang cukup. Takaran yang baik adalah dengan perbandingan Semen/Koral/Pasir (1:2:3). Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada artikel cara membuat adukan cor yang baik dan kuat.
  5. Jika sudah siap semua kemudian adukan cor sudah siap di aplikasikan kepada bidang plur. Ratakan adukan cor yang sudah disiapkan dengan jidar hingga rata seluruhnya.
  6. Tunggu pluran hingga kering dan lantai siap digunakan.
Untuk membuat plur lantai biasa jika ingin lebih kuat lagi, bisa juga menggunakan tips pada cara membuat plur lantai cor tapi akan memakan biaya yang lebih mahal lagi karena akan menggunakan adukan beton dan ditambah dengan tulang besi.

Itu saja yang bisa tukangkuli sajikan untuk cara membuat plur lantai yang benar dan kuat untuk pemula semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Cara Membuat Plur Lantai yang Benar dan Kuat"