Cara Menanam Kaktus Koboi Cepat dan Berhasil

tukangkuli.com - Kaktus, seperti yang sudah diketahui merupakan tanaman yang awalnya banyak berada di gurun. Jenis kaktus ada bermacam-macam. Salah satunya adalah kaktus dengan ukuran besar dan panjang sederhana hingga mencapai ketinggian 7 meter. Dalam bahasa Indonesia disebut kaktus koboi. Bentuknya eksotis dan harganya cukup mahal, membuat orang melirik cara menanam kaktus koboi untuk mengembangbiakkannya sendiri.

Apakah Anda termasuk di dalamnya?

Cara Menanam Kaktus Koboi

kaktus Koboi

Kaktus di Indonesia sering dijadikan tanaman indoor dan outdorr. Fungsinya banyak, antara lain membersihkan udara, membersihkan ruangan dari polusi elektromagnet benda-benda listrik di rumah, dan terapi penghilang stres.

Bagaimana cara menanam kaktus koboi? Di bawah ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar tanaman kaktus tumbuh subur dan bagus.

1. Cara Mengembangbiakkan Kaktus

Kaktus dapat berkembang biak dengan biji. Biji kaktus siap tanam dapat Anda temukan di toko-toko tanaman. Jika Anda ingin memanen biji sendiri, tunggulah kaktus berbungan dan menghasilkan polong. Di dalam polong terdapat biji yang jika umurnya sudah cukup dapat disemai, seperti pohon lain.

Namun, jika Anda ingin lebih cepat lagi mengembangkan kaktus, potonglab bagian batangnya menjadi beberapa bagian. Jangan lupa, pilihlah batang yang bagus, kokoh, dan tidak mempunyai cacat seperti bolong. Setelah itu, potongan tersebut diletakkan pada media tanam penyemaian yang telah disiapkan.

Dalam waktu sekitar 1 minggu, bagian kaktus yang menancap ke tanah akan tumbuh akar. Akar yang baik warnanya putih. Masukkan kembali ke dalam tanah hingga akar benar-benar banyak dan bagian atas kaktus atau bekas potongannya menutup. Butuh waktu beberapa minggu hingga bulan untuk melihat kaktus tumbuh duri dan batangnya.

2. Menyiapkan Media Tanam

Kaktus suka tumbuh di media yang lembap tetapi tidak basah. Jika basah tumbuhan akan membusuk dan mati. Namun, jika terlalu kering, kaktus akan tumbuh menguning karena terbakar. Media tanam kaktus terbaik adalah campuran tanah dengan pasir malang. Jika tidak ada pasir malang dapat Anda ganti dengan pasir bangunan yangg kasar atau bentuknya lebih menyerupai kerikil.

3. Menyiram Tanaman Kaktus

Di awal pertumbuhan, kaktus dapat disiram setiap hari dengan sedikit air. Perlahan air tersebut dikurangi seiring dengan perkembangannya. Kaktus dewasa hanya perlu disiram 2 sampai 3 minggu sekali. Pas bukan jika Anda menanamnya di dalam rumah?

Penyiraman yang terlalu banyak dapat menyebabkan kaktus membusuk dan mati.

4. Perawatan Umum

Perawatan umum yang harus diperhatikan adalah memperhatikan suhu di sekitar. Kaktus harus beradaptasi dahulu sebelum benar-benar dipindahkan. Misalnya, dari luar ingin dimasukkan dalam ruang berpendingin. Anda bisa memasukkannya terlebih dahulu tanpa AC. Letakkanlah di pinggir jendela yang masih terjangkau sinar matahari pagi. Barulah setelah itu dipindahkan ke tempat yang diinginkan.

Selain memperhatikan suhu, Anda juga harus jeli dengan hama dan penyakit tanaman yang menyerang. Segeralah mencari pestisida yang tepat jika hal tersebut terjadi.

Anda harus ingat bahwa kaktus pertumbuhan dan perkembangbiakkannya sangat lambat. Jadi, jika Anda mengembangbiakkan sendiri harus sabar menanti. Selamat mencoba cara menanam kaktus koboi di atas!

Tidak ada komentar untuk "Cara Menanam Kaktus Koboi Cepat dan Berhasil "