Cara Menanam Aglaonema Mudah dan Murah

tukangkuli.com - Sejak pertama kali muncul di pasar tanaman, bunga aglaonema langsung menarik perhatian. Tanaman hias jenis daun ini disukai karena warna-warni dan bentuk daunnya yang indah. Tidak heran, harga aglaonema cukup fantastis waktu itu, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Jika Anda mengetahui cara menanam aglaonema yang mudah, tidak perlu lagi membeli dengan harga mahal.

Cara Menanam Aglaonema

Aglonema

Aglaonema terdiri dari berbagai jenis, seperti aglaonema Emerald, Claudia, Adelia, Moonlight, Lady Valetine, Cinta, Siam Aurora (Lipstik), dan darah. Perbedaanya terletak pada warna dan bentuk daun.

Jika Anda ingin menanamnya apakah perlu membeli dengan harga mahal? Wah, tidak perlu! Perhatikan beberapa tips menanam di bawah ini.

1. Mengembangbiakkan Aglaonema

Aglaonema dapat dikembangbiakkan dengan beberapa cara, yaitu:
  • Menenam benih yang diperoleh dari biji buah yang sudah tua. Caranya disemai terlebih dahulu, sama dengan tanaman lain. Sebelum disemai, biji yang sudah tua direndam terlebih dahulu di air hangat selama 2 sampai 3 jam. 
  • Mengembangbiakkan aglaonema dengan mencangkok. Caranya mudah tetapi memerlukan ketelitian tinggi. Anda harus memilih batang yang sudah cukup tua, kokoh, dan sehat. Setelah itu, kupaslah bagian kulit batang sedikit, tempelkan tanah sedikit di atasnya, dan bungkus dengan pelastik. Dalam beberapa minggu di bagian yang sudah dikupas akan mengalami pertumbuhan akar. 
  • Menanam aglaonema dengan cara stek batang. Ini merupakan cara yang paling cepat hasilnya dan mudah. Pertama, pilihlah terlebih dahulu dengan kriteria sehat dan minimal mempunyai 5 helai daun. Selanjutnya, potonglah batang dan tancapkan pada media tanah yang disiapkan. Dalam beberap minggu batang akan tumbuh akar dan daun baru. 
  • Tusuklah bagian batang aglaonema yang bagus dengan tusuk gigi. Dari sana akan tumbuh batang baru yang siap disetek dan lebih cepat prosesnya.

2. Menyiapkan Media Tanam

Bunga Aglaonema akan tumbuh bagus di dalam pot dan dijadikan tanaman indoor. Media tanam yang digunakan sebaiknya mempunyai tingkat keasaman antara 5 sampai. Media yang bagus, yaitu campuran tanah humus dengan pasir, dan atau media campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam.

3. Memberikan Pupuk

Meski di suhu yang lembap tanaman ini akan tumbuh bagus, pemberian pupuk pertumbuhan akar, daun, dan bunga perlu juga. Pupuk dapat diberikan seminggu sekali.

4. Penyiraman

Aglaonema sebaiknya diletakkan di tempat yang teduh. Media tidak boleh terlalu basah datau keirng. Itu artinya kelembapan sengaja, dua kali sehari.

5. Mengelap Daun agar Mengkilap

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa hampir seluruh aglaonema daunnya mengkilap? Untuk mempertahankan kilapannya, laplah daun secara teratur menggunakan lap kering yang dibasahi sedikit air, dengan begitu daun akan selalu terjaga dan memancarkan kilau keindahannya.

Demikianlah cara menanam Aglaonema. Jika dipraktikkan, tanaman cantik ini akan menjadi penghasilan tambahan atau dengan tujuan berhemat. Jika Anda ingin membeli bibinya, di pasaran dijual dalam jumlah banyak.

Tidak ada komentar untuk "Cara Menanam Aglaonema Mudah dan Murah "