Cara Menanam Kencur di Pekarangan Rumah

tukangkuli.com - Kencur termasuk jenis tanaman obat yang juga digunakan sebagai bumbu dapur. Khasiatnya yang begitu banyak membuat banyak orang ingin belajar tentang bagaimana cara menanam kencur dengan tepat. Tumbuhan yang satu ini sangat fleksibel untuk ditanam di pekarangan rumah.

Selain untuk menghijaukan tanah kosong, tanaman kencur dapat dimanfaatkan sewaktu-waktu bila diperlukan. Kencur bisa tumbuh dengan maksimal di tanah yang bertekstur remah dan mengandung banyak humus.

Pelajari Cara Menanam Kencur dengan Tepat Berikut Ini!

Kencur

Media tanam kencur yang disarankan ialah tanah berpasir atau tanah liat. Daerah yang memiliki ketinggian 50 hingga 1.000 meter di atas permukaan laut adalah daerah yang tepat untuk menumbuhkan kencur. Simak cara menanamnya di bawah ini.

1. Mempersiapkan Media Tanam Kencur

Pada musim hujan dianjurkan untuk memulai penanaman kencur. Sebab pada waktu ini tanah dalam keadaan lembab dan kaya nutrisi sehingga dapat menunjang pertumbuhan tunas pada kencur.

Pilihlah bagian pekarangan rumah Anda yang mendapatkan paparan sinar matahari sepanjang hari. Bila nutrisi yang dibutuhkan kencur terpenuhi maka ia akan mulai tumbuh setelah 1-2 minggu pasca tanam.

Sebelum bibit kencur ditanam, gemburkan lahan terlebih dahulu dengan mencangkulnya hingga kedalaman 30 cm. Buatlah bedengan yang berpetak untuk memudahkan penanaman dan drainase. Dari satu petak tanam ke petak tanam berikutnya, berikan jarak sekitar 2 meter. Atau sesuaikan dengan lahan yang tersedia.

2. Cara Menanam Kencur

Menanam Kencur
8villages.com

Lahan tanam yang sudah dipersiapkan kemudian dibuat lubang dengan kedalaman 5 hingga 7 cm dengan jarak antar lubang sekitar 80x40 cm. Setiap lubang ditanami dengan 2 benih rimpang kencur yang sudah bertunas. Tanamlah dengan benar yakni posisi tunas harus menghadap sinar matahari. Bila tidak, maka pertumbuhan kencur akan terganggu.

3. Cara Merawat Tanaman Kencur

Siramlah tanaman kencur pada pagi dan sore hari, kecuali jika tanah sudah dalam kondisi lembab. Setelah 2 hingga 4 minggu pasca tanam, lakukanlah penyiangan dari tanaman gulma. Kemudian setelah 4 minggu pasca tanam, perlu dilakukan pemupukan dengan pupuk urea, KCI dan TSP.

Penggemburan juga harus dilakukan setelah tanaman kencur berusia 3 bulan agar tanah tetap terjaga kualitasnya. Bila terdapat penyakit atau hama pada tanaman kencur, Anda bisa mencegahnya dengan menggunakan insektisida.

4. Masa Panen Tanaman Kencur

Kencur termasuk tanaman rempah yang mudah dibudidayakan. Tanaman ini bisa dipanen setelah usia 6 hingga 12 bulan. Tanda tanaman kencur siap panen ialah daun berwarna kekuningan dan telah mulai gugur satu per satu.

Pemanenan dilakukan dengan cara menggali tanah dengan hati-hati agar tidak merusak rimpang kencur. Dari rimpang ini pula Anda bisa membuat bibit kencur untuk penanaman berikutnya.

Itulah cara menanam kencur di pekarangan rumah yang mudah untuk Anda praktekkan. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar untuk "Cara Menanam Kencur di Pekarangan Rumah "