Rahasia Cara Menanam Pohon Bidara, Mudah dan Berhasil!

tukangkuli.com - Tanaman bidara atau dalam bahasa latin disebut Ziziphus mauritiana diyakini berasal dari Timur Tengah. Banyak orang Islam meyakini bahwa tanaman ini tersirat dan disebut dalam Alquran. Fungsinya banyak terutama untuk obat-obatan herbal, dan fungsi lainnya yaitu untuk mengusir jin dan mencegah berbagai shir manusia.

Itu sebabnya tanaman ini mempunyai harga cukup mahal. Padahal jika Anda mau, cara menanam pohon bidara sangat mudah. Anda dapat mengembangkannya sendiri di rumah.

Cara Menanam Pohon Bidara

Pohon Bidara
bola.com

Pohon bidara kecil yang baru tumbuh beberapa cabang batang dan daun harganya mencapai 60 sampai 80 ribu rupiah. Anda yang mengembangbiakkannya sendiri dapat mengikuti langkah berikut.

1. Menanam Bidara dengan Biji

Bidara menghasilkan buah berwarna hijau kecil ketika muda, seperti jeruk limau. Biji yang sudah masak warnanya berbeda-beda tergantung pada jenisnya. Dari buah tersebut, dihasilkan biji berwarna hitam bercangkang. Jika ingin menanamnya, cangkang harus dibuang terlebih dahulu.

Untuk Anda yang tidak mau repot, biji bidara yang sudah dikupas dari cangkangnya dijual di banyak toko tanaman. Sebelum disemai, biji direndam terlebih dahulu dengan larutan bawang merah agar terhindar dari hama dan penyakit tanaman dan akar cepat tumbuh.

Media tanam penyemaian biji bidara sangat mudah didapat. Anda hanya perlu menyiapkan wadah , tisu beberapa lembar, dan pelastik.

Letakkanlah tisu di atas wadah. Setelah itu sebarkan biji bidara di atasnya da siram dengan air bersih. Kemudian tutup wadah seluruhnya dengan pelastik sukngkup hingga terlihat tumbuh akar. Pelastik sebaiknya berwarna being agar terlihat.

Akar tumbuh sekitar 2 hari baru dan dalam 6 sampai 7 har akan tumbuh daun muda. Biji yang sudah ditanami daun muda baru dipindahkan ke pot atau tanah.

2. Menanam Bidara dengan Menyetek

Stek Bidara

Menunggu pohon bidara tumbuh dan menghasilkan biji cukup lama. Begitu pula dengan pertumbuhannya. Ada alternatif lain menanam bidara yang lebih cepat, yaitu dengan menyeteknya.

Cara menyetek bidara sama dengan pohon lain. Anda harus memilih terlebih dahulu bagian batang yang cukup kokoh dengan daun bagus tanpa hama. Setelah dipilih, batang dipotong dan dipisahkan dari indukannya. Runcingkan bagian bawah batang yang dipisahkan.

Jika batang cukup panjang potonglah menjadi beberapa bagian yang dapat ditanam dengan panjang lebih dari 10 cm. Buanglah daun yang telalu banyak dan pisahkan cukup dua sampai tiga helai daun. Tanamkanlah batang bidara di polybag yang sudah diisi dengan media tanam.

Dalam beberapa minggu, batang akan berakar dan tumbuh beberapa helai daun. Saat itulah, bidara siap dipindahkan ke pot yang lebih besar atau tanah.

Merawat Tanaman Bidara

Tanaman bidara suka tumbuh di tempat panas tetapi dengan media basah. Itu artinya Anda harus menyiramnya setiap hari. Selain perawatan setiap hari, Anda dapat memupuk bidara dengan pupuk kandang sebelum berbuah. Namun jika sudah berbunga, berikanlah pupuk NPk agar hasilnya bagus.

Tidak lupa, buanglag gulma yang tumbuh di sekitarnya agar tidak saling berebut nurisi dan menyebabkan bidara layu.

Bagaimana Anda mau menanam pohon pengusir semua hal gaib buruk ini di rumah? Ketahui cara menanam bidara dan merawat di atas ya!.

Tidak ada komentar untuk "Rahasia Cara Menanam Pohon Bidara, Mudah dan Berhasil!"