9 Cara Menanam Kaktus Mini di Rumah

tukangkuli.com - Kaktus mini merupakan sebutan untuk beberapa jenis kaktus kecil, yang terdiri dari spesies kaktus topi merah (juga disebut kaktus bola rubi karena bagian atasnya yang berbunga merah), Cylindropuntia, Opuntia microdasys (juga dikenal sebagai kaktus telinga kelinci), kaktus kelinci, Cereus peruvianus (pagar tanaman), pelangi dan kaktus landak.

Cara menanam kaktus mini ini di rumah sangat mudah sehingga sangat pas bagi Anda yang sibuk.

Cara Menanam Kaktus Mini di Rumah

Kaktus Mini

Kaktus mini dapat dikembangbiakkan dengan menanam biji atau stek atau grafting jika ingin menggabungkan dua buah jenis kaktus.

Untuk Anda yang ingin menanamnya di rumah, tidak perlu lagi melakukan berbagai hal di atas. Di pasar tanaman, banyak penjual yang sudah menyediakan kaktus jadi. Anda tinggal memindahkan pot atau merawatnya di rumah.

Yang penting harus diperhatikan, yaitu:

1. Menyiapkan pot tanaman, bisa berasal dari plastik atau tanah liat. Ukuran pot untuk kaktus mini biasanya mempunyai diameter 2 sampai 4 inchi.

Jika Anda ingin menanam beberapa kaktus sekaligus dalam satu tempat, siapkan pot lebar dan tidak perlu tinggi. Akar kaktus mini tidak terlalu panjang. Pastikan pot mempunyai lubang pengaliran air di bagian bawah lebih dari 1.

2. Menyiapkan media tanam dari pasir malang atau kerikil halus sebanyak 1/3 bagian dari pot. Setelah itu, di atasnya diberi tanah yang memang diperuntukkan untuk kaktus. Anda dapat membelinya di toko tanaman. Tanah ini merupakan campuran antara sekam bakar, tanah, dan pupuk kompos, dan pupuk kandang.

3. Pindahkan kaktus dari pot pembelian ke pot yang sudah disiapkan. Caranya dengan menekan lembut bagian tanah agar lebih longgar dan kaktus dapat dipindahkan lebih mudah tanpa merusak akar.

4. Letakkan kaktus mini di pot baru sekitar ¼ inchi dari bibir pot. Setelah itu masukkan lebih banyak tanah sampai kaktus dapat berdiri sendiri.

5. Setelah itu tekan tanah bagian atas dengan lembut menggunakan jari tangan.

6. Siram dengan sedikit air di bagian tanah dan letakkan di tempat yang cerah atau terkena sinar matahari.

7. Biarkan tanaman tidak disiram selama 2 minggu.

8. Anda dapat menyiram kaktus sebulans ekali di musim hujan dan sebulan dua kali selama musim kemarau.

Penyiraman dapat dilakukan dengan menempatkan pot di bawah keran hingga airnya menetes dari lubang bagian bawah. Setelah itu letakkan kembali di tempat yang terkena sinar matahari.

9. Pemupukan juga penting dilakukan pada kaktus mini setiap bulan sekali selama musim semi dan musim panas. Pupuk yang terbaik adalah NPK 5 10 10 dengan memperhatikan dosis atau instruksi yang tertera pada kemasan.

Dengan 9 cara menanam kaktus mini di atas, Anda dapat mempertahankan kaktus bertahun-tahun sampai tua. Kaktus yang mulai menua ini ditandai dengan warnanya memucat dan kecokelatan mulai dari pangkal hingga ujung batang. Semoga bermanfaat!.

Tidak ada komentar untuk "9 Cara Menanam Kaktus Mini di Rumah"