Cara Menanam Buah Delima di Pot Mudah dan Cepat Berbuah

tukangkuli.com - Buah delima mempunyai banyak manfaat. Kandungannya terdiri dari Polifenol, Glikosida, Antosianin, Antioksidan, Vitamin C, B, E, K, dan Fosfor sehingga sangat cocok untuk kesehatan dan kecantikan.

Dalam satu pohon buah delima, dapat tumbuh beberapa buah berwarna merah cantik. Hal ini membuatnya sangat cocok tumbuh di halaman rumah. Cara menanam buah delima di pot yang mudah dan cepat berbuah perlu diketahui.

Menggunakan pot? Ya, Anda tidak memerlukan halaman degan lahan luas untuk menanamnya. Cukup sediakan pot dengan ukuran besar, maka delima akan dapat dinikmati dalam beberapa tahun ke depan.

Cara Menanam Buah Delima di Pot

Buah Delima

Sampai saat ini, orang lebih banyak menanam delima dari bijinya. Meski demikian, tidak seperti pohon buah-buahan lain, menanam delima dari biji menghasilkan bunga lebih cepat. Biji delima juga tidak memerlukan perlakuan khusus sebelum ditanam.

Selain dengan biji Anda juga dapat menanam delima denga mencangkok. Tentu saja cara ini dapat Anda lakukan jika sebelumnya sudah ada pohon delima. Di toko tanaman Anda juga dapat dengan mudah memperoleh bibit hasil cangkokan dan siap ditanam di pot atau lahan.

1. Menanam Delima dari Biji

Untuk menanam biji delima, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut:
  • Pisahkan biji delima dari daging buah.
  • Gosok setiap biji yang diperoleh dari biji menggunakan tisu dengan lembut agar daging buah yang masih menempel hilang. 
  • Rendam biji delima dengan air dingin. 
  • Keringkan biji beberapa hari sebelum penananam. 
  • Masukkan biji delima sekitar kedalaman 3,5 cm ke media yang sudah disiapkan untuk menyemai. 
  • Timbun biji dengan media. 
  • Setelah beberapa lama delima tumbuh dan mempunyai minimal 5 helai daun, pindahkan ke pot yang lebih besar. Jika memungkinkan pindahkan ke lahan. Namun dapat juga ditanam di drum atau pot paling besar yang Anda miliki. 
  • Penanaman selesai dan buah delima pertama kali akan berbuah sekitar 3 sampai 5 tahun.

2. Menanam Pohon Delima di Pot

Tanaman ini merupakan jenis tanaman perdu. Akibatnya, meski ditanam dari bijinya, pohon tidak akan tumbuh menjulang dan merusak bangunan di sekitarnya. Buah ini dapat tumbuh di tanah lembap tetapi terkena sinar matahari cukup.

Anda hanya perlu pot yang besar untuk menenam. Media diisi ke dalam pot haruslan yang lembap dan mempunyai PH berada dikisaran 6 sampai 7. Media tanam yang baik merupakan campuran tanah dengan pupuk kandang.

3. Perawatan Tanaman Delima

Perawatan sangat mudah, yaitu:
  • Menyiram tanaman maksimal sehari dua kali. Yang penting media terjaga tidak kekeringan atau terlalau basah.
  • Pemupukan, dilakukan 2 minggu sekali. Pupuk ini biasanya berupa pupuk daun atau pupuk bunga, atau pupuk campran seperti NPK. 
  • Sama dengan tanaman lain, biji delima yang sudah tumbuh mungkin saja terkena hama dan penyakit. Oleh karena itu, gunakan pestisida untuk mengatasinya. Jika Anda hanya menanam beberapa pot, pestisida alami seperti perendaman dari kulit bawang. Untuk lahan yang besar dan luas, gunakan pestisida kimia denga takaran dan dosis yang tepat.
So, siap menanam buah delima di rumah? Pohon ini sangat cantik lho jika ditanam di rumah dan cara menanam buah delima dengan tepat.

Tidak ada komentar untuk "Cara Menanam Buah Delima di Pot Mudah dan Cepat Berbuah "