Mudah Sekali Cara Menanam Binahong Ini, Tanpa Perlakuan Khusus!

tukangkuli.com - Binahong merupakan salah satu tanaman apotek hidup yang dikenal masyarakat Indonesia. Tahukah Anda, cara menanam binahong ini sangat mudah? Tidak seperti tanaman lain yang perlu disemai terlebih dahulu baru dipindahkan ke pot atau lahan.

Yang terpenting, Anda harus ingat bahwa binahong merupakan tanaman yang dapat menghasilkan biji dan merambat. Jadi, sebelumnya Anda harus menyiapkan lahan atau pot yang telah menyediakan tempat merambat. Tempat rambatan bisa di pagar atau Anda membuat sendiri dari bambu.

Cara Menanam Binahong yang Mudah

Binahong

Sebenarnya binahong mempunyai umbi, sehingga bisa ditanam juga dengan umbinya. Selain itu, binahong juga mempunyai bunga yang dapat menghasilkan biji. Anda dapat menanam bijinya.

Namun, untuk menanam dengan cara itu semua, Anda harus menunggu beberapa waktu. Perlu beberapa lama tanaman dapat mempunyai umbi untuk ditanam, berbunga, dan berbiji.

Ada cara yang lebih mudah daripada itu! Para petani atau ahli ilmu tanaman menyebutnya sebagai cara stek. Ya, di saat binahong merambat di bagian batang lunaknya tumbuh akar. Anda dapat melakukan penyetekan dengan memperhatikan beberapa cara berikut.

1. Menyiapkan Tempat Tanam

Pohon Binahong pada dasarnya dapat tumbuh di mana saja, dataran tinggi dan rendah. Tidak ada spesifikasi khusus untuk medianya. Akan tetapi, untuk hasil yang lebih bagus, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut:
  • Lahan atau tempat menanam jauh dari pantai atau tepian laut karena lahan ini mengandunga erosol asin yang tidak pas untuk binahong.
  • Dekat dengan sumber air untuk menyiram karena pohon ini membutuhkan udara yang lembap dan tidak kering. 
  • Tanaman diletakkan di lahan yang terkena sindar matahari cukup, minimal sekitar 5 jam sehari. 
  • Tanah atau media tanam cukup gembur sehingga perakaran dapat tumbuh leluasan.
  • Tanah kaya akan unsur hara, jelas agar tanaman tumbuh subur. 
  • Tanah memiliki PH yang seimbang, antara 5,5 sampai 7.
Media tanam yang dijelaskan di atas, tidak harus lahan. Anda dapat menanamnya dalam pot atau ploybag.

2. Menanam dengan Cara Menyetek

Telah disebutkan di atas, bahwa penanaman binahong yang termudah dan cepat adalah dengan stek. Penanaman tersebut dapat dilakukan dengan cara ini, berikut ini langkah-langkahnya:
  • Potong beberapa batang yang menjalar dari binahong induk.
  • Potonglah di bagian batang yang seperti ada akar menggantung. 
  • Pastikan pemotongan dilakukan pada bagian atas. Jika Anda memotongnya dari bagian bawah, tanaman dapat rusak secara keseluruhan. 
  • Siapkan pot atau polybag kecil jika Anda ingin melakukan penyemaian. Jika tidak, Anda dapat langsung menanam di media yang disediakan. 
  • Tancapkan batang-batang binahong yang telah dipotong ke dalam media. Bagian batang yang masih memiliki daun tidak perlu dibuang daunnya.
  • Tunggulah 2 sampai 3 hari, tunas atau daun baru akan tumbuh di batang yang ditancapkan. Daun di batang asal juga tidak mengalami kerusakan atau layu. 
  • Setelah tumbuh beberapa daun baru, Anda dapat memindahkan ke media lain. Jika tidak, biarkan saja di tempat tersebut dan beri rambatan di sekitarnya.
Mudah sekali cara menanam binahong! Jangan lupa untuk menyiramnya setiap hari dan perhatikan kondisinya untuk memastikan sehat dari hama dan penyakit tanaman. Sementara untuk pupuk, Anda boleh memberinya beberapa bulan sekali jenis NPK atau pupuk daun dan atau pupuk bunga.

Tidak ada komentar untuk "Mudah Sekali Cara Menanam Binahong Ini, Tanpa Perlakuan Khusus!"