Cara Menanam Wortel Agar Cepat Panen

tukangkuli.com - Wortel termasuk jenis sayuran favorit dalam rumah tangga. Wortel sering kali dimanfaatkan sebagai campuran masakan seperti sayur bening, mie goreng, capcay dan lain-lain. Wortel juga bisa dibuat jus yang menyehatkan tubuh. Begitu besar manfaatnya maka tak heran jika cara menanam wortel banyak dipelajari masyarakat.

Indonesia memiliki iklim yang bagus untuk bertani wortel. Bahkan dari Sabang sampai Merauke, tanaman wortel dapat bertumbuh kembang dengan baik. Cara menanamnya tidaklah sulit. Anda bahkan bisa memanfaatkan halaman belakang rumah Anda sebagai kebun wortel yang ciamik.

Cara Menanam Wortel di Halaman Rumah, Pertimbangkan Ini Agar Cepat Panen!

Menanam Wortel

Wortel (Daucus carrota) merupakan jenis sayuran yang memang berasal dari dataran Asia Timur sampai Asia Tengah. Wortel terkenal sebagai sumber Vitamin A terbaik yang dapat menunjang kesehatan mata. Wortel memiliki ciri khas berbentuk seperti kerucut yang memanjang, berwarna oranye (salem tua) dan teksturnya agak keras.

Cara bertani wortel agar cepat panen ada di ulasan bawah ini!

1. Syarat Bertani Tanaman Wortel

Tanaman wortel memerlukan media tanam berupa tanah dengan jenis andosol, alluvial, regosol dan latosol. Jenis tanah tersebut berada di dataran tinggi. Adapun tingkat keasaman atau pH yang dibutuhkan yaitu 5,5 hingga 6,5 (kategori basa). Wortel bisa umbul maksimal pada suhu 15,60C hingga 21,10C.

Curah hujan di daerah tanam juga perlu dipertimbangkan dengan baik. Tanaman wortel akan tumbuh subur dengan daerah bercurah hujan basah yakni 1,5 hingga 3 bulan kering selama setahun atau agak basah yakni 3 hingga 4,5 bulan kering selama setahun. Setiap harinya tanaman wortel memerlukan cahaya matahari sekitar 9 hingga 10 jam per hari.

Maka bisa disimpulkan bahwa tanaman wortel sangat cocok dibudidayakan di dataran tinggi dengan tingkat kelembaban sedang.

2. Cara Mendapatkan Bibit Wortel

Bibit Wortel

Menanam wortel agar cepat panen dimulai dari bibit yang berkualitas unggul. Bibit wortel unggul bisa didapatkan dari kios pertanian terdekat atau menyemainya sendiri. Penyemaian benih wortel untuk dijadikan bibit harus memperhatikan ciri-ciri di bawah ini:
  • Mampu beradaptasi dengan baik di daerah setempat
  • Produksi besar
  • Kebal terhadap penyakit
  • Umbi berwarna cerah, lurus tanpa cabang dan berukuran besar
  • Benih dihasilkan dari tanaman wortel yang berumur minimal 2 bulan.
Setelah mendapatkan bibit dengan karakteristik di atas, maka selanjutnya mengikuti langkah di bawah ini.
  • Potong umbi sekitar 1/3 bagian dari panjangnya
  • Pangkas daun yang dekat dengan pangkal umbi, sisakan sekitar 10 cm

3. Cara Menanam Wortel

Buatlah bedengan dan taburi pupuk Trichoderma, air dan ZPT organik setiap 2 minggu sekali. Kemudian tanam bibit wortel yang telah disiapkan. Penyiraman hanya dilakukan setiap sore hari. Jika proses berhasil, maka tanaman wortel akan berbunga setelah 1 bulan sejak ditanam. Dan bunga itu akan mekar setelah 2 minggu kemudian.

Nah, itulah cara menanam wortel agar cepat panen. Perhatikan selalu kondisi lingkungan di sekitarnya agar terhindar dari serangan hama tanaman.

Tidak ada komentar untuk "Cara Menanam Wortel Agar Cepat Panen"