Cara Menanam Tomat Agar Cepat Panen

tukangkuli.com - Tomat menjadi buah serta sayuran primadona di kalangan masyarakat. Sebab buah ini tak hanya sebagai saus atau penyedap rasa, tetapi juga bisa disantap dalam bentuk jus tomat. Manfaatnya yang beragam membuat orang ingin tahu cara menanam tomat yang baik agar cepat panen.

Tak perlu cemas bila Anda tak memiliki pekarangan yang luas di samping atau belakang rumah. Karena tomat bisa ditanam di dalam polybag maupun pot. Caranya pun cukup mudah untuk dipraktekkan.

Cara Menanam Tomat Agar Berbuah Lebat!

Cara Menanam Tomat

Tanaman tomat termasuk tumbuhan yang fleksibel karena bisa tumbuh di dataran tinggi ataupun rendah, dengan ketinggian antara 1-1500 meter di bawah permukaan laut. Selengkapnya tentang bercocok tanam tomat ada di bawah ini.

1. Menyiapkan Benih Tomat Unggul

Pemilihan benih tomat menjadi poin penting untuk diperhatikan. Pilihlah benih tomat dari buah tomat yang sudah sangat matang, berukuran besar, tanpa cacat ataupun terlihat adanya serangan hama, kepadatan biji merata dan tidak mengapung saat direndam air.

Anda juga bisa membeli bibit tomat di kios pertanian atau pada petani tomat secara langsung.

2. Cara Menanam Tomat

Cara Menanam Bibit Tomat
kutanam.com

Bila menanam tomat dari mulai bibit, maka Anda perlu melakukan penyemaian terlebih dahulu. Karena bibit tomat yang masih muda akan mudah terserang hama bila langsung ditempatkan di lingkungan terbuka.

Gunakan polybag semai sebagai media tanamnya. Isi dengan tanah yang sudah dicampur pupuk kompos. Setiap polybag ditanami satu benih tomat sedalam 1 cm. Lakukan penyiraman sebanyak dua kali sehari dengan air secukupnya. Usahakan jangan sampai menggenang. Amati pertumbuhannya dan buanglah gulma atau tanaman liar yang tumbuh di sekitarnya.

3. Memindahkan Tanaman Tomat

Bibit tomat yang telah tumbuh besar hingga tak mampu lagi ditopang oleh polybag harus segera dipindahkan ke pot atau lahan yang lebih luas. Pilihlah pot yang terbuat dari tanah liat karena memiliki pori-pori yang memudahkan sirkulasi air dan udara.

Masukkan campuran tanah, pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan yang sesuai ke dalam pot. Pastikan pot yang digunakan memiliki lubang agar air bisa keluar dengan sempurna tanpa menimbulkan genangan.

4. Waktu Panen Tanaman Tomat

Tanaman tomat yang ditanam dalam pot bisa dipanen setelah memasuki usia 3 bulan. Hal ini ditandai dengan buah tomat telah berubah warna dari hijau ke kekuning-kuningan, daun bagian tepi mengering dan batangnya berwarna kekuningan.

Perlu diketahui bahwa tanaman tomat tidak matang bersamaan. Jadi, masa panen setelah tiga bulan bisa dilakukan setiap 2-3 hari sekali. Lakukan pemetikan pada pagi atau senja hari saat cuaca tidak terlalu panas.

Itulah cara menanam tomat yang mudah untuk Anda praktikkan di rumah. Daripada teras atau belakang rumah dibiarkan gersang, menempatkan tanaman tomat di atasnya akan membuatnya nampak lebih baik.

Tidak ada komentar untuk "Cara Menanam Tomat Agar Cepat Panen"