4 Cara Menanam Toge dengan Mudah dan Pasti Berhasil

tukangkuli.com - Toge, adakah dari Anda yang tidak mengenalnya? Salah satu jenis sayuran ini mempunyai cukup banyak penggemar. Tidak heran jika di masa ini banyak orang yang ingin sekali menanamnya sendiri di rumah, minimal untuk kebutuhan sendiri. Naman bagaimana cara menanam toge dengan mudah dan pasti berhasil?.

Cara Menanam Toge dengan Mudah dan Pasti Berhasil

Toge

Menyiapkan Benih Toge

Kebanyakan dari kita mungkin pernah praktek menanam toge dengan media kapas saat usia sekolah dasar. Ya, memang tanaman satu ini tidak harus mmenggunakan media tanah untuk menanamnya.

Yang penting, Anda terlebih dahulu mengetahui cara memilih benih toge (kacang hijau atau kacang kedelai) yang bagus. Cara tersebut, yaitu: 
  • Menyiapkan benih atau bibit sebanyak yang diinginkan 
  • Memilih biji kacang hijau atau kedelai yang berwarna mengkilap, mulus, tidak keriput, dan busuk 
  • Mencuci bersih biji kacang 
  • Merendam biji kacang selama kurang lebih 24 jam 
  • Buanglah biji yangmengambang saat direndam dan gunakan yang tenggelam 

Cara Menanam Toge

Cara Menanam Toge

Ada berbagai cara menumbuhkan toge yang dapat Anda temui di internet. Kami merangkumkannya untuk Anda di bawah ini.

1. Menggunakan Media Kapas

Cara ini termasuk paling mudah tetapi sedikit kurang hemat karena Anda harus menyediakan kapas. Anda tinggal menyediakan tempat atau wadah dan meletakkan kapas basah di atasnya. Setelah itu sebarkan biji kacang hijau atau kedelai di atasnya. Letakkan wadah yang telah berisi biji tanaman di tempat teduh. Dalam 3 sampi 6 hari toge sudah siap dpanen.

2. Menggunakan Media Kain Flanel dan Setrimin

Sesuai dengan medianya, untuk ini Anda perlu menyediakan kain flanel dan setrimin dengan ukuran sesuai media sebanyak 5 lapis.

Selain itu, siapkan juga satu wadah yang sudah dibolongi untuk meniriskan air dan satu wadah yang lebih besar juga dibolongi untuk udara keluar masuk. Tidak lupa, wadah yang lebih besar dari wadah pertama tanpa lubang untuk menampung air.

Susunlah wadah dengan posisi; wadah besar berlubang paling bawah, wadah tanpa lubang, dan wadah berlubang banyak (bisa keranjang surat).

Letakkan kain flanel basah di atas wadah. Setelah itu sebarkan kacang secukupnya. Tutupi kacang dengan setrimin. Lakukan hal di atas hingga tanaman berada pada 3 lapis. Terakhir, tutup setrimin paling atas dengan dua kain flanel. Simpan wadah tanaman di tempat teduh. Toge akan paen dalam 3 sampai 6 hari. Cara ini meski sedikit rumit, dapat menghasilkan toge lebih banyak. Dari 1 kg kacang hijau, Anda dapat memanen hasil 6 sampai 7 kg. 

3. Menanam Toge di Botol Bekas Air Mineral

Anda sering minum air mineral? Jangan buang boto bekasnya. Lubangi plastik sekelilingnya. Setelah itu masukkan biji kacang sebanyak tiga per empatnya dari botol. Tutup botol dengan kain dan letakkan di tempat teduh. Dalam waktu 3 sampai 6 hari Anda akan memanen toge sendiri di rumah.

4. Menanam Toge di Wadah Saringan

Menanam toge di wadah berjaring atau saringan masih jarang dilakukan di Indonesia tetapi hasilnya cukup signifikan. Anda cukup meletakkan wadah berjaring di atas wadah tanpa lubang. Letakkan kacang di atas wadah berjaring dan siram. Setelah itu, bungkus wadah dan semua bagiannya dengan plastik hitam, simpan di tempat teduh. Dengan penyiraman teratur sekitar 4 jam sehari selama minimal 4 hari, toge akan siap dipanen.

Itulah beberapa cara menanam toge dengan mudah dan pasti berhasil! Jangan lupa, tanaman ini tidak boleh terkena sinar matahari ya! Jika terkena matahari, tanaman menjadi kuning dan tidak enak dikonsumsi. Jaga pula agar airnya tidak merendam tanaman karena akan membuatnya busuk. Selamat mencoba!.

Tidak ada komentar untuk "4 Cara Menanam Toge dengan Mudah dan Pasti Berhasil "