Cara Membuat Acian Tembok Dinding Halus dan Rata

tukangkuli.com - Mengaci tembok dinding sebenarnya adalah pekerjaan yang tidak mudah karena memerlukan perhitungan yang matang agar hasilnya halus dan rata. Tapi meskipun tidak mudah jika dipelajari dengan baik maka saya yakin pekerjaan acian akan bisa dilakukan oleh siapa saja, meskipun bukan tukang handal sekalipun.

Keuntungan jika mengaci tembok dilakukan sendiri adalah akan meminimalisir biaya dan pengalaman berharga yang akan kita dapatkan. Berbeda jika dilakukan oleh tukang maka biaya yang harus kita keluarkan akan lebih besar dan pasti pekerjaan taunya beres dan selesai.

Kunci membuat acian tembok halus dan rata diawali dengan adanya plesteran tembok yang baik juga. Jika hasil plesteran baik maka pekerjaan acian akan semakin maksimal dan mudah. Berbeda jika hasil plesteran tampak tidak rata banyak gelombang apalagi adukan semen yang dibuat memiliki kualitas adukan yang tidak baik maka hasil plesteran juga akan menurun, untuk acian juga akan mengukuti dari hasil awal dari pekerjaan plesteran. Berikut ini ada tips membuat acian tembok dinding yang halus dan rata untuk pemula.

Cara Membuat Acian Tembok Dinding Halus dan Rata


Perlu diketahui bahwa hasil acian yang baik dipengaruhi dari hasil plesteran yang baik juga. Hal ini yang membuat tembok terdapat retakan sebesar rambut setelah diaci. Antara lain dari hasil plesteran yang kurang baik, setelah pekerjaan plesteran tidak dibasahi untuk proses pengeringan yang baik, melakukan acian terlalu cepat dari selesainya plesteran, tidak dibasahi tembok dinding plester ketika akan mengaci dan lain-lain.

Persiapan

Siapkan bahan untk membuat acian antara lain:
  • Semen
  • Air
  • Ember
  • Cetok/Sendok Semen
  • Roskam
  • Pasir (opsional)
Jika bahan sudah lengkap pekerjaan siap dilakukan, pastikan permukaan plesteran dinding baik dan rata, jika masih ada gelombang atau lubang dalam lebih baik ditutup terlebih dahulu dengan adukan semen dan pasir secukupnya sampai semua lokasi dinding rata dan tunggu sampai tambalan plesteran kering baru bisa dilanjutkan dengan membuat acian.

Langkah Membuat Acian Tembok

  • Basahi tembok yang sudah diplester dengan air secukupnya hingga basah dan benar-benar lembab. Dimaksudkan agar kondisi tembok basah tidak kering sehingga tidak membuat acian cepat kering. Acian tembok tidak boleh terlalu cepat kering dan tidak boleh terlalu lama kering, agar hasilnya baik dan tidak terjadi keretakan. Hal ini sangat menentukan sekali terhadap hasil acian yang menyebabkan keretakan.
  • Membuat adonan acian dengan semen dan air. Tuangkan semen secukupnya perkiraan untuk pekerjaan 10-20 menit selesai, kemudian tuangkan air sampai permukaan semen didalam ember tertutup. Aduk sampai halus seperti pasta jika kurang air bisa tambahkan air kembali. Buat adonan semen yang baik dan halus, jika ada gumpalan semen keras lebih baik pisahkan, jangan gunakan semen yang sudah lama atau banyak gumpalan karena akan mempengaruhi hasil dari acian.
  • Aplikasikan adonan acian ke permukaan dinding plesteran dengan roskam yang rata. Tarik acian secara searah, bisa dari bawah katas atau kiri ke kanan dan sebaliknya. Terus ulangi bagian ini sampai semua permukaan selesai di aci dan rata. Jika ada permukaan yang belum rata sebaiknya selesaikan dulu bagian tersebut sebelum pindah kebagian yang lain. Buat acian setebal kurang lebih 2-3 mm untuk hasil maksimal.
  • Setelah acian setengah kering ratakan kembali dinding dengan roskam atau dengan kertas semen dengan cara di gosokkan.
Ini saja yang bisa tukangkuli berikan untuk tips Membuat Acian Tembok Dinding Halus dan Rata untuk pemula semoga Anda bisa membuat sendiri dirumah sehingga bisa menghemat budget.

Tidak ada komentar untuk "Cara Membuat Acian Tembok Dinding Halus dan Rata "