Cara Menanam Terong Ungu di Polybag

tukangkuli.com - Jenis sayuran yang memiliki bentuk dan rasa yang khas ialah terong ungu. Terong ini memiliki ukuran yang besar, berwarna ungu dan teksturnya empuk. Terong ini bisa diolah menjadi menu yang nikmat seperti terong santan, pecak terong dan lain sebagainya. Untuk bisa menikmati kelezatannya, Anda perlu mempelajari cara menanam terong ungu yang tepat.

Terong ungu bisa ditanam dalam polybag sebagai solusi atas keterbatasan lahan. Pemeliharaannya pun terbilang mudah dan lebih fleksibel. Bahkan hasilnya bisa lebih optimal dibandingkan penanaman di lahan terbuka.

Yuk, Belajar Cara Menanam Terong Ungu di Rumah!

Menanam Terong Ungu

Meskipun lahan di rumah Anda terbatas, akan lebih indah jika Anda menghiasinya dengan tanaman buah dan sayuran. Selain indah dan lebih hijau, tanaman menjadi sumber oksigen dan pangan terbaik. Bagi Anda yang ingin bertani terong ungu, yuk simak caranya berikut ini.

1. Pemilihan Bibit Terong Ungu

Bibit terong bisa didapatkan dengan dua cara, yakni menyemai sendiri atau membeli di toko pertanian. Bila ingin menyemai sendiri, Anda harus memilih buah terong yang sudah matang dan bagus kualitasnya. Pisahkan biji dari dagingnya, kemudian jemur hingga kadar airnya menurun sebanyak 20%. Lalu rendam dengan air hangat selama sekitar 6 jam. Barulah benih terong ungu ini bisa disemai.

2. Langkah Penyemaian Benih Terong Ungu

Benih yang telah diberi perlakuan di atas bisa disemai sebelum ditanam. Siapkan media semai berupa polybag berukuran kecil. Masukkan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:2. Tambahkan sekam agar tanah lebih gembur. Tempatkan biji terong ke dalamnya. Lalu siram dua kali sehari.

3. Cara Menanam Terong Ungu

Cara Menanam Terong Ungu
bulelengkab.go.id

Benih terong yang disemai lama kelamaan akan tumbuh besar sehingga memerlukan tempat yang lebih lebar untuk tumbuh. Jika sudah muncul 3 helai daun, maka artinya bibit terong ungu telah siap dipindahkan ke polybag yang lebih besar. Disarankan menggunakan polybag yang berdiameter 40 cm.

Masukkan media tanam berupa tanah dan pupuk kompos atau kandang, perbandingan 1:3. Bisa juga menggunakan tanah dari media semai, dengan menambahkan kadar pupuk sebesar 1 takaran sesuai dengan komposisi yang dianjurkan. Jangan lupa untuk mengaduk-aduknya agar tanah menjadi gembur.

Lalu tanam bibit terong ungu tersebut dengan hati-hati.

4. Langkah Perawatan Terong Ungu

Selain penyiraman secara rutin dua kali sehari. Anda juga harus memupuk tanaman terong ungu agar pertumbuhan lebih maksimal. Gunakan pupuk NPK untuk tanaman terong ungu pada usia 3 minggu.

Amati juga perkembangan terong ungu dengan intensif. Bila terdapat gulma atau hama, segera basmi dengan melakukan penyemprotan insektisida atau hama.

Itulah cara menanam terong ungu di dalam polybag. Dengan perawatan terbaik, terong ungu bisa dipanen setelah usia 3-4 bulan sejak masa tanam.

Tidak ada komentar untuk "Cara Menanam Terong Ungu di Polybag"