Cara Menanam Rumput Jepang Agar Tumbuh Indah

tukangkuli.com - Halaman rumah Anda akan terlihat gersang tanpa kehadiran tanaman. Tanaman seperti rumput bukan hanya untuk menghijaukan tanah, tetapi juga menjaga kesuburannya. Rumput Jepang adalah salah satu yang sangat direkomendasikan. Pada dasarnya cara menanam rumput Jepang tidaklah sulit untuk diaplikasikan.

Rumput Jepang berbeda dengan jenis rumput biasa. Rumput ini memiliki ukuran yang lebih pendek dan bertekstur kasar. Karena itu lebih cocok untuk ditanam di taman. Namun, rumput ini juga memiliki sedikit kekurangan yakni berujung runcing sehingga kurang nyaman bila diduduki.

Cara Menanam Rumput Jepang yang Tepat!

Menanam Rumput Jepang

Meskipun rumput terbilang tumbuhan liar, tapi bila ditanam dengan teknik khusus maka akan terlihat indah. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan langkah demi langkah menanam rumput Jepang berikut ini.

1. Menggunakan Bibit Rumput Jepang Berkualitas

Menanam tumbuhan apa pun dimulai dari pemilihan bibit. Tanaman rumput Jepang akan tumbuh subur bila ditanam dari bibit berkualitas. Bibit rumput Jepang bisa dibeli di toko pertanian dalam bentuk per meter atau bongkahan.

Rumput Jepang yang baik memiliki ciri-ciri antara lain:
  • Daunnya berwarna hijau segar
  • Tidak ada cacat atau tanda terserang hama dan penyakit 
  • Rumput bertekstur keras dan segar 
  • Pisahkan dan kelompokkan rumput dalam kelompok kecil 
  • Jaga akar agar tetap utuh karena rumput Jepang tak bisa tumbuh tanpa akar 
Sediakan rumput sejumlah luas lahan yang tersedia.

2. Menyiapkan Media Tanam

Lahan yang akan dijadikan media tanam rumput Jepang biasanya berupa taman atau halaman rumah. Lahan tersebut perlu diolah minimal 10 hari sebelum penanaman. Media tanam harus digemburkan dengan menggunakan cangkul agar mudah ditanami.

Bersihkan lahan dari tanaman liar seperti rumput liar dan tanaman lainnya. Ambil dan kumpulkan pula batu dan kerikil yang berada di dalam permukaan media tanam. Kemudian lakukan pemupukan pada lahan tanam dengan menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos.

Gunakan perbandingan 2:5 pada saat pemupukan, yakni taburkan 2,5 kg pupuk per meter lahan. Setelah itu, sirami lahan yang telah dipupuk agar semakin subur. Selanjutnya diamkan lahan selama 5 hingga 7 hari sebelum mulai penanaman.

3. Cara Menanam Rumput Jepang

Menanam Rumput Jepang

Penanaman rumput Jepang perlu dilakukan dengan teknik khusus. Pertama, sirami bibit rumput Jepang agar kotoran yang menempel terbuang sempurna. Lakukan penanaman di sore hari menjelang malam agar rumput tak cepat layu seusai ditanam.

Buatlah lubang tanam yang berjarak rapat 10x10 cm. Kemudian tanam dengan hati-hati dan tutup lagi dengan tanah sampai rata. Kemudian siram dengan menggunakan selang semprot. Lakukan penyiraman saat awal penanaman agar tanaman bisa ternutrisi dengan optimal. Dan terus lakukan penyiraman secara rutin setiap hari agar pertumbuhan rumput jepang semakin baik dan cepat.

Itulah cara menanam rumput Jepang yang bisa Anda praktikkan pada halaman atau taman impian Anda. Dengan tanaman hias ini pasti halaman rumah Anda menjadi lebih indah.

Tidak ada komentar untuk "Cara Menanam Rumput Jepang Agar Tumbuh Indah"