Cara Menanam Rumput Gajah Mini Mudah Dipraktekkan

tukangkuli.com - Rumput gajah telah menjadi tren tersendiri untuk mengisi halaman atau taman kota. Selain bentuknya yang unik, beda dari jenis rumput lainnya. Rumput gajah mini juga bertekstur empuk sehingga nyaman diduduki. Karena itu, cara menanam rumput gajah banyak dipelajari orang, terutama mereka yang bekerja di bidang pertamanan.

Rumput gajah mini termasuk yang menjadi favorit tanaman hias untuk halaman rumah. Harga bibitnya cukup terjangkau, berkisar antara Rp 15.000,- hingga Rp Rp 20.000,- per meter perseginya. Cara penanamannya pun tidak terlalu sulit sehingga banyak menjadi pilihan.

Cara Menanam Rumput Gajah Mini Untuk Menghijaukan Lahan!

Rumput Gajah Mini

Rumput gajah mini memiliki warna hijau cerah yang menawan dan tidak bersifat memanjang. Sehingga sangat recommended untuk taman kota atau halaman rumah. Bagi Anda yang tertarik untuk menanam rumput gajah, simak caranya berikut ini!

1. Persiapan Lahan Tanam

Cabutlah tanaman rumput atau gulma yang ada pada lahan. Lahan yang akan ditanami rumput gajah harus digemburkan terlebih dahulu dengan mencangkulnya sedalam 5 cm hingga 10 cm. Kemudian ratakan kembali. Jika tanah nampak sangat kering dan gersang, maka lakukanlah pemupukan terlebih dahulu dengan pupuk kandang. Setelahnya diamkan dulu selama seminggu sebelum penanaman dimulai.

Selanjutnya buatlah lubang tanam dengan jarak tanam sekitar 3-5 cm dan kedalaman secukupnya. Susun secara zig-zag agar nantinya rumput gajah yang tertanam bisa tumbuh memenuhi area lahan.

2. Memilih Bibit Rumput Gajah Mini Berkualitas

Rumput gajah yang ditanam haruslah yang berkualitas unggul. Anda bisa membelinya di toko khusus pertamanan atau toko bunga. Bibit tersebut biasanya dijual dalam bentuk per meter persegi atau per kilogram. Bibit yang berkualitas ditandai dengan ukurannya yang sesuai standar, berwarna hijau cerah, bagian-bagian rumput utuh tanpa cacat dan tidak mengandung penyakit tanaman.

Bibit yang telah dibeli kemudian dipisahkan menjadi per satuan. Usahakan agar akarnya tetap utuh. Tanamlah dengan hati-hati. Penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari untuk menghindari terik matahari yang terlalu panas.

3. Cara Menanam Rumput Gajah Mini

Menanam Rumput Gajah Mini
kutanam.com

Pada saat penanaman, perhatikan kondisi akar rumput gajah. Jangan sampai akarnya terputus. Setelah ditanam, siramlah rumput dengan menggunakan selang semprot. Jangan langsung menuangkan air ke atas rumput karena itu bisa merusak rumput gajah yang baru ditanam. Penyiraman dilakukan sebanyak 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari.

Setelah 2 minggu penanaman, lakukan pemupukan dengan pupuk urea dan NPK untuk merangsang pertumbuhan tanaman. Bersihkan juga tanaman liar yang tumbuh di sekitar rumput karena itu bisa mencuri nutrisi dalam tanah yang seharusnya diserap oleh rumput gajah.

Itulah cara menanam rumput gajah mini untuk menghijaukan lahan dengan pesat. Pastikan lahan yang ditanami mendapat penyinaran matahari yang memadai agar pertumbuhan rumput dapat berlangsung dengan baik.

Tidak ada komentar untuk "Cara Menanam Rumput Gajah Mini Mudah Dipraktekkan "