Cara Menanam Pohon Sirih di Pekarangan Rumah

tukangkuli.com - Pada era yang semakin modern ini, kita perlu menyiapkan tanaman obat di pekarangan rumah. Sebab obat berbahan kimia telah semakin menipis ketersediaannya. Salah satunya pohon sirih. Cara menanam pohon sirih yang mudah cocok untuk mengisi pekarangan rumah Anda agar lebih estetis.

Daun sirih kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Seperti, minyak atsiri, estragol, tanin, cadinene, kavibetol, diastase, terpennena dan masih banyak lagi lainnya. Daun sirih dapat digunakan sebagai obat penyakit asma, jerawat, eksim dan masalah kewanitaan seperti haid tidak lancar dan keputihan.

Pahami Cara Menanam Pohon Sirih dengan Konsep Rumahan Berikut Ini!

Menanam Pohon Sirih

Pohon sirih termasuk tanaman rambat sehingga cocok juga sebagai hiasan tembok di halaman depan, samping atau belakang rumah Anda. Tak perlu khawatir akan perambatan yang berlebihan karena rambatan pohon sirih bisa dipangkas secara rutin agar tidak menimbulkan penumpukan tanaman. Untuk itu, pahami dulu cara menanamnya berikut ini.

1. Kriteria Daerah Penumbuhan Pohon Sirih

Pohon sirih dapat tumbuh subur jika ditanam pada ketinggian 300 meter di atas permukaan laut. Pohon sirih banyak tumbuh di kawasan hutan hujan dan hutan jati. Biasanya tanaman ini tumbuh bersebelahan dengan pohon kelor, kapuk randu, amal dan dadap.

Sebenarnya pohon sirih liar yang ditemukan di alam liar dapat juga dijadikan sebagai bibit dengan catatan Anda mengetahui dengan jelas apa jenisnya dan apakah bisa digunakan oleh manusia atau tidak. Sebab memang ada jenis tanaman tertentu yang bersifat racun.

2. Menyiapkan Tanaman Sandaran

Sebelum mulai menanam pohon sirih, sebaiknya Anda mempersiapkan pohon sandaran dengan jarak tanam sekitar 1.5 meter. Pastikan Anda menanamnya di musim hujan. Buatlah selokan di sisinya untuk aliran air sebab pohon sirih bukan jenis penyuka air. Selokan ini juga dimanfaatkan untuk drainase air saat musim kemarau.

3. Cara Menanam Pohon Sirih

Gunakanlah teknik stek untuk menanam pohon sirih paling mudah. Siapkan dulu media tanam berupa campuran tanah, pasir dan pupuk kompos dengan perbandingan 3:1:3. Masukkan media tanam tersebut ke dalam polybag berukuran sedang yang telah diberi lubang pada bagian bawahnya.

Pilihlah batang pohon sirih yang telah menua untuk dibuat stek. Potong batang sebesar 2 ruas, kemudian masukkan ke dalam air selama 15 menit. Barulah batang stek bisa ditanam ke dalam media tanam.

Rawatlah bibit sirih dengan baik melalui penyiraman setiap pagi dan sore hari, pemupukan secara rutin dengan pupuk kandang dan penggemburan tanah secara berkala. Jika daun dan akar pohon sirih sudah lebat, tandanya bibit telah siap dipindahkan lahan yang telah disiapkan sebelumnya.

Mudah bukan cara menanam pohon sirih seperti yang telah dijelaskan di atas? Jangan tunda lagi, yuk, segera aplikasikan di rumah Anda.

Tidak ada komentar untuk "Cara Menanam Pohon Sirih di Pekarangan Rumah"