Cara Menanam Kentang dengan Konsep Rumahan

tukangkuli.com - Siapa bilang berkebun sayur tidak bisa dilakukan di rumah? Di era modern ini, rumah tidak hanya sebagai tempat bernaung dari panas dan hujan. Tetapi juga tempat kita bisa bercocok tanam. Salah satunya dengan mempelajari cara menanam kentang dengan konsep rumahan.

Kentang termasuk dalam kategori sayuran favorit. Tanaman dalam keluarga umbi-umbian ini sering kali dimanfaatkan sebagai sayur tumis, sayur kuah, campuran lauk hingga kentang goreng yang terkenal dalam daftar menu restoran cepat saji. Menu olahan kentang sangat cocok disantap dalam berbagai suasana.

Cara Menanam Kentang di Rumah, Mudah Tanpa Ribet!

Menanam Kentang

Bertani kentang di dalam rumah bisa dilakukan dengan menggunakan polybag atau plastik hitam khusus tanaman. Pilihlah yang berukuran sedang. Anda bisa menempatkannya di teras rumah, halaman rumah atau sisi rumah Anda yang memenuhi kelayakan tumbuh kembang tanaman.

Bagaimana langkah menanamnya? Catat jawabannya berikut ini!

1. Persiapan Media Tanam

Hal yang wajib disiapkan kali pertama ialah media tanam untuk tanaman kentang. Ukuran polybag yang disarankan ialah 50x80 cm. Kemudian lubangi bagian bawah polybag sebanyak 3-4 lubang. Lalu isilah 2/3 bagian polybag dengan tanah gembur yang telah dicampur dengan pupuk kompos. Pastikan sisa polybag dilipat dengan rapi.

2. Cara Memilih Bibit Kentang

Bibit Kentang
tipsbudidaya.com

Bibit kentang berkualitas ialah yang memiliki tunas, bebas penyakit dan hama, mulus dan tanpa cacat. Bibit kentang tersebut dapat ditemukan di kios pertanian. Sebenarnya Anda juga bisa membuat bibit kentang sendiri dengan cara sebagai berikut:
  • Pilih kentang yang sudah berumur tua dan berukuran besar
  • Halus tanpa cacat sedikitpun 
  • Simpanlah kentang tersebut di tempat yang sejuk, lembab dan terpapar sinar matahari 
  • Diamkan selama 7-14 hari tanpa perlakuan apapun agar tunas bisa tumbuh sepanjang 5-10 cm dan perakaran terbentuk dengan baik. 
Langkah selanjutnya ialah cara menanam kentang di polybag.

3. Langkah Penanaman

Tanamlah bibit kentang tadi ke dalam polybag sedalam 7 cm dari permukaan tanah. Lakukan penyiraman setiap hari, secukupnya dan jangan sampai becek atau menggenang.

Setelah usia tanaman kentang mencapai satu bulan sejak tanam, tambahkan sedikit tanah untuk menyesuaikan tinggi tanaman. Langkah ini untuk menghindari paparan sinar matahari menyentuh umbi kentang. Mengapa? Sebab sinar matahari dapat membuat umbi menjadi berwarna hijau dan mengandung racun.

Jangan lupa untuk melakukan pemupukan tanaman kentang secara rutin dengan pupuk urea dan TSP (perbandingan 1:1) sebanyak satu sendok makan. Taburi pupuk di bagian kiri dan kanan tanaman kentang.

4. Masa Panen Tanaman Kentang

Tanaman kentang bisa dipanen setelah berumur 3 hingga 4 bulan sejak ditanam. Namun, sebaiknya pemanenan kentang dilakukan pasca seminggu setelah tanaman kentang kering atau mati.

Itulah cara menanam kentang dengan mudah di rumah. Sekarang Anda tak hanya bisa menyetok sayuran, tetapi juga memiliki peluang usaha pertanian untuk ketahanan pangan rumah tangga.

Tidak ada komentar untuk "Cara Menanam Kentang dengan Konsep Rumahan"