Cara Menanam Kacang Panjang Paling Simpel

tukangkuli.com - Kacang panjang termasuk tumbuhan biji-bijian yang kerap ditemukan dalam aneka masakan nusantara. Bentuknya memanjang dan bercita rasa khas. Kacang panjang juga termasuk jenis sayuran yang sangat laku di pasaran. Cara menanam kacang panjang pun terbilang mudah. Saking mudahnya bisa ditanam di pekarangan rumah, loh.

Bercocok tanam di pekarangan rumah adalah ide yang cemerlang. Selain menghijaukan tanah yang gersang, bercocok tanam bisa menjadi jalan usaha untuk mempertahankan ketahanan pangan keluarga. Hasilnya cukup bervariasi, bahkan bisa lebih besar daripada bekerja sebagai karyawan biasa.

Perhatikan Ini Dalam Cara Menanam Kacang Panjang Agar Berbuah Lebat!

Menanam Kacang Panjang

Kacang panjang termasuk tumbuhan yang memerlukan lingkungan hidup dengan karakteristik tertentu. Perawatannya pun tidak boleh sembarangan karena sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kacang panjang nantinya. Sebelum mulai menanam, pahami langkah menanam kacang panjang berikut ini.

1. Pengolahan Media Tanam

Pekarangan rumah yang akan dijadikan media tanam harus diolah terlebih dahulu. Caranya yaitu:
  • Gemburkan lahan dengan cara mencangkulnya hingga kedalaman 25 cm.
  • Buat lubang pada lahan tersebut sedalam 10 cm. Lubang inilah yang nanti akan diletakkan pupuk dan tanaman. 
  • Berikan pupuk kandang pada lubang tersebut sebanyak dua kepal tangan orang dewasa. 
  • Tambahkan juga pupuk KCL di atas pupuk kandang, jumlahnya sebanyak 1 sendok makan. Jangan melebihi dosis tersebut karena pupuk ini bisa berubah menjadi racun. 
  • Kemudian tutupi lubang yang telah diisi pupuk tersebut dengan tanah lagi hingga ketebalan 3 cm. 
  • Setelah itu, lubangi tanah tersebut sedalam 2 cm dengan menggunakan jari tangan. Lubang inilah yang dijadikan media tanam kacang panjang. 
Dari langkah ini, lanjut ke tahap berikutnya.

2. Cara Menanam Kacang Panjang

Cara Menanam Kacang Panjang
genagraris.id

Siapkan benih kacang panjang sebanyak 3-4 biji, lalu masukkan ke dalam lubang yang sudah disiapkan. Setelah itu, tutupi dengan tanah lagi hingga ketebalan 1-2 cm. Jangan terlalu tebal maupun menekan biji karena dapat mengakibatkan pertumbuhan biji kacang panjang terhambat.

Benih kacang panjang yang sudah ditanam akan menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan setelah sekitar 1 minggu kemudian. Bila ditemukan biji kacang panjang yang tidak tumbuh, maka bisa dipastikan bahwa biji tersebut tidak layak tanam atau berkualitas rendah.

3. Cara Merawat Kacang Panjang

Tanaman kacang panjang memerlukan perawatan yang intensif, mulai dari penyiraman secara teratur setelah berumur 20 hari. tancapkan tongkat kayu atau lanjaran di samping tanaman kacang panjang, sebagai penyangga sekaligus tempat rambat tanaman.

4. Masa Panen Kacang Panjang

Tanaman kacang panjang mulai berbunga setelah memasuki umur 35 hari. Jaga selalu keberadaan bunga tersebut karena bunga itulah yang akan berubah menjadi kacang panjang. Pemanenan kacang panjang bisa dilakukan setelah tanaman berumur 50 hari.

Jangan lupa untuk mengamati kondisi tanaman dan sekitarnya. Bila terdapat hama, segera singkirkan dengan penyemprotan pembasmi hama tanaman kacang panjang. Itulah cara menanam kacang panjang yang bisa Anda praktekkan dengan mudah di rumah.

Tidak ada komentar untuk "Cara Menanam Kacang Panjang Paling Simpel "