Cara Menanam Jagung di Pekarangan Rumah Secara Simpel

tukangkuli.com - Jagung termasuk makanan yang menjadi sumber energi karena mengandung karbohidrat. Di beberapa daerah, jagung menjadi makanan pokok yang dikombinasikan dengan beras. Jagung juga bisa diolah menjadi tepung yang nantinya ditambahkan pada olahan kue. Oleh karena itu, tidak heran jika cara menanam jagung perlu dipelajari.

Jagung terdiri atas beberapa jenis. Pilihlah yang mudah ditanam, dibudidayakan dan enak dikonsumsi. Bibit jagung banyak tersedia di toko pertanian. Anda juga bisa membuatnya sendiri dari buah jagung yang telah matang.

Cara Menanam Jagung dengan Mudah dan Cepat!

Jagung

Bila ingin berhasil menanam jagung, Anda semestinya mengetahui tata cara penanamannya yang tepat. Seperti yang terangkum di bawah ini.

1. Menentukan Bibit Jagung Berdasarkan Lahan Tanam

Proses penanaman dimulai dari pemilihan benih atau bibit yang sesuai. Dalam menanam jagung, pilihlah bibit jagung yang sesuai dengan jenis tanah pada lahan tanam. Sesuaikan juga jumlahnya dengan luas lahan yang tersedia. Untuk hal ini, Anda bisa berkonsultasi dengan toko penjual benih atau bibit jagung.

Bibit jagung yang mereka jual biasanya telah menyesuaikan dengan kondisi tanah di sekitarnya.

2. Cara Mengolah Lahan Tanam

Lahan yang akan ditanami jagung harus dipersiapkan sedemikian rupa. Pastikan Anda menggembur tanah tersebut sekaligus membuang rumput dan tanaman liar di atasnya. Pastikan tanah yang akan ditanami memiliki pH antara 5,6 hingga 7,7. Setelah itu, buatlah bedengan dan taburkan pupuk organik di permukaannya.

Diamkan beberapa hari sampai pupuk organik benar-benar meresap ke dalam tanah. Baru kemudian diberi lubang secukupnya agar bisa ditanami benih jagung.

3. Cara Menanam Jagung

Tanaman Jagung

Antara satu bedengan dengan bedengan lainnya diberi jarak antara 100x40 cm dan kedalaman antara 3-5 cm. Sementara luasnya disesuaikan dengan lahan yang tersedia. Setiap lubang tanam diisi dengan 2 biji jagung. Kemudian benamkan kembali dengan tanah dan ratakan.

Meskipun terbilang sederhana. Anda harus melakukan tahap ini dengan sungguh-sungguh dan penuh perhatian.

4. Cara Merawat Tanaman Jagung

Setelah ditanam, kebun jagung perlu mendapat penyulaman selama seminggu. Kemudian lakukan penjarangan setelah tanaman jagung berusia seminggu. Selanjutnya ialah pembubunan atau penggalian parit antar bedengan agar tanaman jagung lebih kokoh dan drainase bisa berjalan dengan baik.

Jangan lupa untuk melakukan pemupukan dan pengairan untuk meningkatkan kualitas unsur hara pada tanah. Dan berikutnya adalah pencegahan terhadap hama dan penyakit tanaman. Lakukan penyiangan secara rutin.

Cara menanam jagung inilah yang bila Anda praktekkan dengan baik maka bisa menghasilkan hasil panen yang berkualitas. Panen jagung dilakukan sesuai dengan peruntukannya. Bila untuk konsumsi, maka jagung bisa dipanen saat tepat matang. Namun, bila untuk pembenihan maka panen jagung dilakukan sampai jagung terkelupas dari kulitnya dan mengering dengan sendirinya.

Tidak ada komentar untuk "Cara Menanam Jagung di Pekarangan Rumah Secara Simpel"