Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag Mudah dan Murah

tukangkuli.com - Cabe memang bukan pangan pokok. Namun, banyak orang yang merasa makanan kurang lezat jika tidak ada cabe. Oleh karena itu, ketika harga cabe meroket kebingungan terjadi. Solusinya, Anda harus mengetahui cara menanam cabe rawit di polybag.

Cara ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan cabe merah atau cabe keriting. Sesuai judul di atas, kali ini kita akan membahas menanam cabe rawit tanpa perlu lahan atau pot. Anda dapat menanamnya di polybag. Tidak perlu lahan dan hemat karena tidak perlu pula membeli pot.

Cara Mudah Menanam Cabe Rawit di Polybag

Cabe Rawit

Menyiapkan Benih Cabe Rawit

Saat ini sebenarnya Anda dapat dengan mudah menemukan bibit atau benih cabe rawit unggulan di pasaran. Jadi, kamu tinggal menanamnya sendiri.

Namun jika ingin memperoleh bibit atau benih sendiri, pisahkan saja biji dari cabe yang bagus. Setelah itu, cucilah dengan air hangat dan jemur. Jika agak sulit menjemurnya, Anda dapat meletakkan biji cabe pada lipatan tisu selama beberapa hari sehingga biji cabe tidak banyak mengandung air.

Sama dengan tanaman jenis sayuran lain, menanam cabe rawit dimulai dari penyemaian hingga penanaman, dan perawatan. Langkah-langkah tersebut dijelaskan di bawah ini.

1. Penyemaian Benih

Wadah menyemai benih dapat dibeli di toko tanaman. Namun, untuk menghemat Anda dapat menggunakan polybag kecil, plastik aqua gelas yang dibolongi bagian bawahnya, atau tray tempat telur.

Setelah wadah penyemaian siap, masukkan campuran tanah dan pupuk kandang 2:1 ke dalamnya dan diamkan terlebih dahulu selama beberapa hari di tempat teduh yang tidak terkena matahari dan hujan. Setelah wadah siap, letakkan 1 sampai 2 benih cabe di setiap bagia wadah penyemaian. Letakkan wadah penyemaian yang telah diisi dengan benih di tempat teduh.

2. Penanaman Bibit Cabe Rawit ke Polybag

Sambil menunggu bibit cabe timbuh hingga 5 helai daun atau lebih, siapkan polybag untuk menanamnya. Polybag ini haruslah mempunyai ukuran yang lebih besar dibandingkan polybag penyemaian. Jika ada botol air mineral ukuran 1 liter atau lebih dapat juga dibolongi untuk menggantikan fungsi polybag.

Polybag diisi dengan media tanam berupa campuran tanah, sekam, dan pupuk kandang. Media tanah seperti ini juga dapat Anda beli denga mudah dalam bentuk siap pakai. Angkatlah benih yang sudah tumbuh beberapa helai daun berikut tanahnya dan tanamkan ke dalam polybag besar yang sudah disediakan. Jangan dicabut ya! Ini akan merusak akar. Di awal pemindahan, letakkan polybag di tempat teduh terlebih dahulu.

3. Menyiram Tanaman

Agar tanaman tumbuh baik, siramlah sebanyak dua kali sehari dengan air bersih. Menyiram tanaman ini sebaiknya menggunakan semprotan agar tidak mengubah posisi pohon cabe kecil atau bahkan merusaknya.

4. Mengompres Tanaman

Saat pohon sudah mencapai tinggi sekitar 20 cm, lakukan pengompresan atau pemotongan tunas phon cabe rawit mudanya. Ini dilakukan hingga tumbuh cabang baru di bagian ketika daun minimal 3 buah.

5. Merawat dari Hama dan Penyakit

Tanaman cabe rawit di kebun biasanya rentan terhadap hama dan penyakit. Sebisa mungkin jika ada tanaman yang terlihat layu atau berlubang, segeralah semprot dengan pestisida organik. Lakukan perawatan terhadap pohon cabe rawit sebaik mungkin hingga tiba saatnya panen.

Itulah 5 hal lengkap cara menanam cabe rawit di polybag! Dalam beberapa bulan saja Anda dapat panen cabe. Uniknya, tanaman ini dapat beberapa kali berbuah. Jadi, Anda tidak perlu lagi membeli cabe. Apalagi jika cabe mahal.

Tidak ada komentar untuk "Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag Mudah dan Murah"