Cara Menanam Bunga Mawar untuk Hiasan Rumah

tukangkuli.com - Rumah yang kita tempati memang kurang rasanya bila tidak dilengkapi dengan aksessoris properti. Bisa berupa benda mati seperti furnitur atau hiasan dinding atau benda hidup seperti tanaman bunga. Salah satu bunga favorit untuk hiasan rumah ialah bunga mawar. Untuk itu, Anda perlu mempelajari cara menanam bunga mawar.

Mawar termasuk tanaman bunga yang memiliki banyak jenis dengan warna dan aroma yang berbeda-beda. Mulai dari mawar merah, mawar putih, mawar batik, mawar ungu dan lain sebagainya. Setiap jenis bunga mawar memiliki daya tarik tersendiri. Pilihlah yang cara tanam dan perawatannya mudah dilakukan.

Cara Menanam Bunga Mawar Bagi Pemula

Cara Menanam Bunga Mawar

Bunga mawar untuk hiasan rumah ditanam dengan menggunakan pot berukuran sedang agar mudah diletakkan di teras atau sudut rumah. Perhatikan cara menanamnya berikut ini.

1. Persiapan Alat dan Bahan

Hal utama yang perlu disiapkan ialah stek batang mawar. Kemudian benda-benda di bawah ini.
  • Toples bening
  • Pisau atau gunting khusus tanaman 
  • Pot tanah liat 
  • Media tanam berupa tanah, pupuk kompos dan pupuk kandang (perbandingan 1:1:1) 
  • Ranting pohon 
  • ZPT (opsional) 
Mawar merah ialah yang paling menjadi favorit hiasan rumah. Pilihlah yang tidak berduri agar aman ketika dipegang.

2. Cara Menanam Bunga Mawar

Cara Menanam Bunga Mawar
ilmubudidaya.com

Potonglah batang mawar 15 hingga 20 cm dengan pisau atau gunting tanaman. Pastikan alat tersebut telah disterilkan terlebih dahulu.

Masukkan stek batang mawar ke dalam stoples berisi air agar tidak layu. Isi pot dengan media tanam yang telah disiapkan dan buat lubang sedalam setengah dari batang mawar dengan menggunakan ranting pohon. Lalu tancapkan stek batang mawar tersebut.

Jika ingin menggunakan ZPT atau hormon penumbuh akar tanaman, maka masukkan itu ke dasar batang stek mawar.

3. Cara Merawat Bunga Mawar

Tanaman mawar harus mendapatkan asupan air yang cukup minimal dua kali hari, setiap pagi dan sore hari. Siram dengan air secukupnya dan tidak menimbulkan genangan air. Perhatikan pertumbuhan dan perkembangannya. Bila daun baru telah tumbuh, tandanya stek yang Anda lakukan sudah berhasil.

Letakkan pot bunga mawar di tempat yang teduh. Jadi tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Terlalu banyak sinar matahari dapat menyebabkan tanaman mawar mudah layu di siang hari.

Bila ditemukan kutu putih atau hama pada tanaman, segera buang dan lakukan penyemprotan tanaman. Anda bisa mendapatkan pembasmi hama bunga mawar di kios pertanian terdekat. Jangan lupa untuk menyiangi tanaman liar atau gulma yang tumbuh di sekitar tanaman mawar. Tanaman tersebut dapat mencuri nutrisi dari tanah maupun tanaman mawar itu sendiri.

Begitulah cara menanam bunga mawar yang paling mudah. Jangan ragu untuk mencoba dan ayo mulai menghias rumah Anda dengan tanaman bunga. Selain indah, rumah Anda akan terlihat lebih hidup, asri dan sejuk.

Tidak ada komentar untuk "Cara Menanam Bunga Mawar untuk Hiasan Rumah"