Cara Menanam Bunga Kamboja dengan Biji dan Stek

tukangkuli.com - Bunga kamboja dulu identik dengan pemakaman. Namun dengan berkembangnya berbagai varietas, bunga ini tumbuh menjadi berbagai warna menarik. Pohonnya juga tidak lagi tinggi besar tetapi dapat ditanam dalam pot.

Tidak salah jika banyak orang menjadikannya hiasan rumah di dalam pot. Ingin mengembangbiakkan sendiri tanaman ini tanpa membeli? Mudah sekali caranya! Simak saja cara menanam bunga kamboja di artikel kali ini.

Cara Menanam Bunga Kamboja

Bunga Kamboja

Cara Menanam Bunga Kamboja dengan Biji

Menanam pohon dengan biji dalam ilmu alam disebut perkembangbiakkan generatif atau secara kawin. Pada tanaman, ini berarti terjadi penyerbukan bunga, dan menghasilkan biji. Wah, kelihatannya membutuhkan waktu cukup lama ya! Jangan khawatir, Anda dapat melakukan ini lebih cepat dengan cara berikut!.
  1. Perhatikan tanaman kamboja yang sudah berbunga
  2. Anda dapat membantu untuk mempercepat proses penyerbukan bunga. Caranya dengan mengoleskan kuas lukis ke atas benang sari, kemudian menyapunya ke kepala putik. 
  3. Tunggulah beberapa saat sehingga bunga menjadi layu dan menghasilkan biji. 
  4. Untuk mencari biji yang bagus, rendamlah beberapa saat (sekitar 10 menit). Biji yang mempunyai kualitas bagus akan mengambang. 
  5. Lakukan penyemaian biji kamboja di media campuran sekam bakar dan cocopeat dengan perbandingan 1 : 1. Jika sulit, media ini dapat dengan mudah Anda temukan di toko online dan offline tanaman. 
  6. Simpan semai di tempat yang teduh hingga tumbuh akar dan daun beberapa helai. 
  7. Jika sudah tumbuh daun dan kelihatan lebih kokoh, pindahkanlah tanaman ke pot yang lebih besar. Ini dilakukan ketika umur sekitar 2 bulan. Jangan lupa memindahkan tanaman dengan mengangkat akar beserta tanahnya agar akar tidak tercabut dan rusak. 
  8. Tanamlah tanaman di media campuran antara tanah, pupuk kandang, dan sekam. 
  9. Selanjutnya, Anda tinggal merawat tanaman hingga berbunga dengan menyiram 2 sampai 3 kali sehari. Letakanlah tanaman di bawah sinar matahari penuh sepanjang hari. 

Menanam Bunga Kamboja dengan Stek

Seperti halnya tanaman berkayu lain, tanaman bunga kamboja juga dapat di stek. Langkah penyetekkan, yaitu: 
  1. Siapkan wadah yang sekaligus digunakan sebagai media tanam.
  2. Pilih batang bunga kamboja yang cukup kokoh, daun bulat, dan berbunga bagus. 
  3. Potong tanaman yang sudah dipilih dan biarkan selama satu minggu. 
  4. Jika batang mempunyai banyak daun, buanglah hingga tersisa dua buah. Pembuangan daun dilakukan untuk mengurangi penguapan ketika proses perakaran. 
  5. Bagian bawah batang yang akan ditanam dibentuk melancip agar tidak busuk. Setelah itu, oleskan dengan zat penumbuh akar atau madu. 
  6. Barulah kemudian batang ditanam ke media tanam. 
  7. Letakkan tanaman di tempat teduh terlebih dahulu. 
  8. Tunggulah dalam beberapa minggu hingga tumbuh akar dan beberapa helai daun, kemudian pindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari penuh. 
  9. Lakukan perawatan dengan menyiramnya dengan air cukup. Ingatlah, tanaman bunga kamboja tidak menyukai banyak air. 
Pohon bunga kamboja hias ini ada yang pendek seperti bonsai ada juga yang cukup tinggi. Anda dapat memilihnya sesuai kebutuhan. Semoga cara menanam bunga kamboja dengan mudah ini bermanfaat!

Tidak ada komentar untuk "Cara Menanam Bunga Kamboja dengan Biji dan Stek "