Cara Menanam Bayam dengan Mudah Agar Berdaun Lebat

tukangkuli.com - Bayam adalah suatu jenis sayuran yang dikenal sebagai penambah kekuatan tubuh dalam satu serial televisi, Popeye. Selain enak disantap, bayam memang kaya akan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, potasium, asam folat dan lainnya. Maka tak heran jika banyak orang mencari cara menanam bayam yang tepat.

Bertani bayam tak hanya dilakukan di sawah atau lahan pertanian saja. Halaman atau pekarangan rumah Anda sangat bisa dimanfaatkan sebagai ladang bayam. Jenis sayuran yang satu ini termasuk yang mudah dibudidayakan. Begitu mudahnya, bayam juga bisa ditanam dalam pot, loh.

Cara Menanam Bayam Agar Sukses Panen!

Menanam Bayam

Bayam biasanya dijadikan campuran dalam sayur bening atau gorengan bayam. Bahkan kini juga bermunculan keripik bayam yang gurih dan renyah saat dimakan. Meskipun terbilang umum, bayam cukup kompeten sebagai bidang usaha.

Berikut ini cara bercocok tanam bayam ala rumahan.

1. Persiapan Sebelum Menanam Bayam

Hal utama yang perlu Anda persiapkan ialah alat dan bahan yang meliputi:
  • Benih bayam yang terjamin kualitasnya
  • Media tanam berupa tanah, pot atau polybag ukuran sedang 
  • Alat bercocok tanam, seperti sekop, cangkul, sarung tangan dan lain-lain. 
Persiapkan alat tersebut sebelum mulai menanam. Untuk benih atau bibit bayam berkualitas, Anda bisa mendapatkannya di toko pertanian terdekat atau membelinya melalui online shop.

2. Menyiapkan Media Tanam

Secara umum setiap tanaman membutuhkan media tanam berupa tanah yang subur dan tak jauh dari sumber air. Untuk pertumbuhan bayam yang maksimal, tanah yang akan ditanami bayam harus dicampur dengan pupuk kompos dan pupuk kandang terlebih dahulu.

Gemburkan tanah dengan mencangkulnya. Akan lebih baik bila Anda juga menyiapkan bedengan untuk menanam bayam. Sehingga nantinya kebun bayam akan terlihat lebih rapi. Aliran air pun lebih terkendali.

3. Cara Menanam Bayam

Benih atau Bibit Bayam

Bayam bisa ditanam dengan dua cara, yakni langsung ke tanah melalui benih atau disemai terlebih dulu. Penyemaian bertujuan untuk mengarantina benih hingga benar-benar siap tanam dan agar dapat beradaptasi dengan lingkungan tumbuhnya.

Penyemaian benih bayam dilakukan dengan beberapa cara, yaitu :
  • Siapkan polybag berukuran kecil
  • Masukkan media tanam 
  • Tanam benih bayam sebanyak 2 hingga 3 benih 
  • Siram secara teratur hingga tumbuh kecambah bayam, ini memerlukan waktu sekitar 5-14 hari 
Setelah disemai, benih bayam siap untuk dipindahkan ke lahan yang lebih luas. Caranya, robek dan lepaskan polybag yang melekat agar akar benih bayam tidak rusak. Lalu tanam ke media tanam yang baru.

4. Pemupukan Tanaman Bayam

Sama seperti tanaman sayur lainnya, tanaman bayam juga mesti diberi pupuk agar pertumbuhannya makin maksimal. Gunakan pupuk organik yang lebih alami dan aman. Rawatlah tanaman bayam dengan penuh kasih sayang.

Itulah cara menanam bayam agar berdaun lebat dan cepat panen. Masa panen rata-rata tanaman bayam ialah 40 hingga 45 hari dari masa penanaman ke lahan atau sejak berakhirnya masa penyemaian.

Tidak ada komentar untuk "Cara Menanam Bayam dengan Mudah Agar Berdaun Lebat "