Cara Menanam Bawang Putih di Rumah Minimalis

tukangkuli.com - Banyak orang mempelajari cara menanam bawang putih di pekarangan rumah maupun dalam pot. Berkebun dengan menanam tanaman yang bisa dimanfaatkan setiap saat seperti bawang putih menjadi keuntungan tersendiri. Anda jadi bisa menghemat pengeluaran bulanan.

Budi daya bawang putih tidaklah sesulit yang dibayangkan. Karena bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, bahkan sangat terjangkau. Bawang putih termasuk jenis umbi-umbian yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur dan obat tradisional.

Cara Menanam Bawang Putih Secara Minimalis!

Menanam Bawang Putih

Bawang putih terdiri atas banyak jenis, tapi yang bisa ditanam di rumah ada dua jenis yaitu softneck dan hardneck. Bawang putih yang daunnya menjuntai ke bawah termasuk jenis softneck. Sedangkan bawang putih yang batangnya tegak dan bertekstur keras dimana bagian tengahnya memiliki umbi bawang, termasuk jenis hardneck.

Bagi pemula, disarankan untuk menanam bawang putih jenis softneck karena lebih tahan terhadap cuaca panas. Berikut ini caranya.

1. Persiapkan Media Tanam

Siapkan media tanam berupa polybag atau pot besar ataupun kecil dan tanah yang subur. Anda juga bisa memanfaatkan botol plastik bekas sebagai pengganti pot. Pastikan bagian bawahnya telah diberi lubang-lubang kecil sebagai saluran air. Campur tanah dengan pupuk kandang agar bibit bawang putih nantinya dapat tumbuh dengan optimal.

2. Menyemai Bibit Bawang Putih

Menanam Bawang Putih

Pilihlah bawang putih yang masih berakar sebagai bibit. Potong bagian bawahnya. Lalu tanam ke dalam media tanam yang telah disiapkan. Tiap bibit dalam satu pot harus diberi jarak tanam minimal 5 cm.

3. Perawatan Tanaman Bawang Putih

Tanaman bawang putih harus disiram minimal dua kali sehari, pada pagi dan sore hari. Setelah beberapa hari, akan tumbuh daun hijau yang menandakan pertumbuhan awal bawang putih berhasil.

Cara menanam bawang putih tak lengkap bila tanpa adanya pemupukan dengan pupuk kandang atau campuran pelet ikan dan air rendaman rumput liar.

Setelah umur 90-120 hari, daun bawang putih yang berwarna hijau akan tumbuh panjang ke atas. Sebelum membusuk, Anda bisa memotong daun ini untuk dimanfaatkan sebagai penyedap rasa aneka masakan.

4. Masa Panen Tanaman Bawang Putih

Masa panen bawang putih tergantung pada cuaca di sekitarnya. Bila ditanam di lingkungan dengan iklim tropis (panas) maka akan cepat panen. Namun, sebaliknya jika ditanam di iklim subtropis (dingin) maka akan lebih lambat pertumbuhannya.

Tanaman bawang putih yang telah siap panen ditandai dengan bagian tengah daun yang menguning kecokelatan dan tanah di sekitarnya yang mengering. Cara panennya, buka permukaan tanah di sisi tanaman bawang putih dengan mencangkulnya. Lalu angkat dengan menarik daunnya secara perlahan.

Setelah diambil, bawang putih mesti dijemur di tempat yang teduh hingga kering agar lapisan kulit terluarnya terkelupas dengan baik. Jangan lupa untuk membersihkan sisa-sisa tanah yang menutupi bawang putih.

Itulah beberapa cara menanam bawang putih agar cepat panen meski ditanam di rumah minimalis.

Tidak ada komentar untuk "Cara Menanam Bawang Putih di Rumah Minimalis"