Cara Menanam Bawang Merah Bagi Pemula

tukangkuli.com - Bawang merah dikenal sebagai bumbu dapur paling legendaris. Hampir setiap masakan nusantara tak terlepas dari tambahan bawang merah di dalamnya. Karena itu, harga bawang merah cenderung stabil bahkan bisa naik sewaktu-waktu. Ini menjadi peluang bagi petani untuk mencari cara menanam bawang merah berkualitas.

Jika Anda memiliki lahan belakang rumah atau halaman rumah yang lebar, maka tak ada salahnya untuk dimanfaatkan sebagai budidaya bawang merah. Sehingga Anda bisa memiliki persediaan untuk bumbu dapur maupun usaha untuk mencari pundi-pundi rupiah.

Cara Menanam Bawang Merah, Bisa Jadi Pengusaha Muda Versi Minimalis!

Menanam Bawang Merah

Selain sebagai bumbu dapur, bawang merah juga dimanfaatkan untuk obat tradisional. Seperti obat kerik untuk mencegah maupun mengobati masuk angin pada anak hingga orang dewasa. Bawang merah juga ampuh dalam mengatasi maag, mengurangi kolesterol, menyembuhkan kencing manis dan mengontrol kadar gula darah.

Simak cara mudah menanam bawang merah berikut ini.

1. Menyiapkan Media Tanam

Siapkan polybag atau pot atau botol plastik bekas, tanah pasir, pupuk kandang dan arang sekam sebagai media tanam. Media tanam tersebut diatur dengan perbandingan 1:1:1. Lalu masukkan ke dalam pot. Pilihlah pot atau botol plastik bekas dengan diameter 20-30 cm. Kemudian tutup media tanam ini dengan plastik.

Biarkan media tanam selama 2 hari agar tercampur rata.

2. Pilihlah Bibit Bawang Merah Berkualitas

Bibit bawang merah bisa diambil dari persediaan bawang merah di dapur. Pilihlah yang telah kering dan berumur tua. Pastikan memilih bibit yang terlihat jelas bakal akarnya. Lalu potong ujung bawang merah sepanjang 1/5 dari ukurannya.

3. Cara Menanam Bawang Merah

Menanam Bawang Merah
hipwee.com

Media tanam yang sudah disiapkan, disiram terlebih dahulu agar tanahnya tidak terlalu keras. Kemudian tanam bibit bawang merah tadi hingga setengah bagiannya terbenam tanah. Setiap bibit yang ditanam diberi jarak 10 cm agar pertumbuhannya optimal.

Selama 3-4 hari ke depan, tempatkan media tanam di tempat yang sejuk hingga muncul tunas. Siram secara rutin, minimal 2 kali sehari dengan air bersih secukupnya. Usahakan jangan sampai timbul genangan.

4. Pemupukan Tanaman Bawang Merah

Supaya bawang merah tumbuh subur dan bebas hama, lakukan pemupukan dengan pupuk kompos sebanyak satu kepalan tangan. Caranya, taburkan pupuk di sekeliling pot. Pupuk berfungsi untuk menunjang pertumbuhan akar umbi bawang merah sekaligus membuat tanah lebih subur.

Selain pemupukan, Anda juga harus teratur membersihkan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman bawang merah. Gulma atau tanaman liar dapat mencuri nutrisi di media tanam yang mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan bawang merah. Ini penting untuk diperhatikan dalam cara menanam bawang merah. Setelah berumur sekitar 3 bulan, bawang merah sudah bisa dipanen.

Tidak ada komentar untuk "Cara Menanam Bawang Merah Bagi Pemula"