Cara Menanam Anggrek Tanpa Ribet Bagi Pemula

tukangkuli.com - Anggrek termasuk salah satu primadona bunga. Kecantikannya terlihat begitu anggun dan sedap dipandang. Maka jangan heran jika banyak orang mempelajari cara menanam anggrek untuk mempercantik tampilan rumahnya dengan tanaman hias ini atau sebagai ladang usaha yang cukup menjanjikan. Hal ini karena bunga anggrek bisa dihargai ratusan ribu rupiah bahkan lebih.

Selama ini banyak orang mengenal anggrek sebagai tanaman yang ditanam di batang pohon atau benalu. Padahal ada anggrek jenis tertentu yang bisa ditanam di dalam pot. Cara menanamnya pun tidaklah sulit bagi pemula.

Cara Menanam Anggrek di Pot, Mudah dan Simpel

Cara Menanam Anggrek

Tanaman anggrek tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia. Pecinta anggrek pun sudah banyak di Indonesia sehingga tidak sulit untuk mencari bibit anggrek yang berkualitas. Pilihlah pot yang terbuat dari tanah liat karena lebih mudah beradaptasi dengan karakteristik tanaman serta memiliki pori-pori sebagai sirkulasi udara.

Pelajari cara yang tepat menanam bunga anggrek di bawah ini.

1. Mempersiapkan Bibit Anggrek

Bibit anggrek yang biasa dipilih sebagai hiasan rumah atau usaha jual beli tanaman bunga ialah anggrek bulan dan dendrobium. Pilihlah bibit kompot anggrek yang berukuran besar dan prosentase hidupnya lebih baik dari jenis anggrek yang lainnya. Pastikan juga bibit anggrek yang Anda pilih bebas dari hama dan dalam kondisi sehat tanpa cacat.

Bibit anggrek yang sehat ditandai dengan daun berwarna hijau cerah, panjang dan lebar dan batang kokoh. Amati kondisi akar tanaman, pilihlah yang perakarannya tidak melampaui area pot agar tidak gampang membusuk.

2. Cara Menanam Anggrek

Cara Menanam Anggrek
thegorbalsla.com

Media tanam yang diperlukan oleh bunga anggrek ialah pecahan bau bata steril (diletakkan di dasar pot) sebanyak 1/3 tinggi pot, arang kayu yang telah disterilkan sebanyak 2/3 tinggi pot, lalu masukkan bibit anggrek dengan hati-hati. Sebelum dimasukkan, terlebih dahulu rendamlah bibit anggrek ke dalam larutan fungisida 2 g/l selama kurang lebih 15 hingga 20 menit. Lalu diangin-anginkan hingga kering.

Setelah ditanam, lalu diamkan bibit anggrek selama 3-5 hari tanpa penyiraman. Akan lebih baik jika penanaman dieksekusi pada sore hari. Dimana sinar matahari tidak begitu terik.

3. Langkah Memelihara Tanaman Anggrek

Setelah 5 hari dari waktu tanam, bibit anggrek baru boleh disiram. Lakukan penyiraman dua kali sehari, setiap pagi dan sore hari. Pastikan air yang digunakan dalam kondisi bersih, bebas kontaminasi dan memiliki nilai ambang batas sebagai air konsumsi.

Selain itu, Anda juga harus melakukan penyemprotan anggrek dengan hand sprayer. Bahan yang dibutuhkan bisa dibeli di kios pertanian atau toko tanaman bunga. Jangan lupa untuk melakukan pemupukan dengan menggunakan larutan pupuk nitrogen tinggi yang telah diencerkan. Pilihlah pupuk khusus daun dan batang tanaman. Pada saat dilakukan pemupukan, tanaman anggrek tak perlu disiram dengan air lagi.

Itulah cara menanam anggrek dengan mudah bagi Anda yang baru kali pertama ingin mencobanya. Jangan ragu, ayo coba sekarang juga!.

Tidak ada komentar untuk "Cara Menanam Anggrek Tanpa Ribet Bagi Pemula"