Cara Menanam Cabe dengan Polybag Agar Cepat Berbuah

tukangkuli.com - Cabe banyak dimanfaatkan untuk memasak aneka masakan nusantara. Maka tak heran jika masyarakat mulai panik ketika harga cabe melonjak naik. Demi antisipasi agar keuangan rumah tangga terjaga, tak ada salahnya Anda belajar cara menanam cabe di rumah.

Banyak jenis cabe yang bisa ditanam di halaman rumah. Bahkan ketika rumah Anda berdiri di lahan yang sangat terbatas, Anda tetap bisa menanam cabe di polybag. Caranya mudah dan perawatannya pun tidak begitu sulit.

Cara Menanam Cabe Mudah dan Praktis dengan Polybag!

Cara Menanam Cabe

Hal pertama yang perlu dilakukan ialah memilih jenis cabe yang akan ditanam. Diantaranya ada cabe rawit, cabe merah besar, cabe keriting, cabe jalapeno hingga paprika yang terkenal dalam dunia kuliner. Dalam bercocok tanam selalu ada tata cara yang mesti dipahami. 

Teruntuk menanam cabe di polybag, simak caranya berikut ini agar cepat berbuah.

1. Memilih dan Menyemai Bibit Cabe

Bibit cabe yang Anda butuhkan bisa dengan mudah Anda beli di toko tanaman. Namun, bila Anda ingin membuatnya sendiri tentu mudah dilakukan. Caranya pilihlah cabe yang sudah matang, kupas kulitnya lalu kumpulkan bijinya dan jemur hingga kering. Gunakan air hangat untuk merendam bibit selama 3 jam sebelum disemai.

Langkah selanjutnya, siapkan polybag berukuran kecil. Isi dengan tanah dan pupuk dengan perbandingan 3:1, aduk hingga tercampur rata. Tempatkan pada ruang yang teduh dan aman dari hujan serta panas. Diamkan selama 1 minggu.

Tebarkan benih yang sudah disiapkan. Tutupi dengan tanah setinggi 1 cm. Jangan lupa untuk menyiramnya setiap hari. Penyemaian bibit cabe dilakukan hingga umur 4 minggu.

2. Menanam Cabe

Cara Menanam Cabe
bibitbunga.com

Beberapa minggu berlalu, Anda bisa melihat bahwa bibit cabe kini telah tumbuh menjadi tanaman. Kini saatnya Anda memindahkannya ke lahan yang telah disediakan untuk membebaskan pertumbuhan akarnya. Bisa halaman depan maupun belakang rumah Anda. Pastikan Anda memahami cara menanam cabe di tanah.

Langkah awal, tanah tersebut harus digemburkan dan diberi pupuk lebih dulu. Pindahkan tanaman cabe dengan cara melepaskan polybag secara hati-hati. Jika ingin yang lebih praktis, Anda bisa menggunakan polybag yang bersifat biodegradable atau ramah lingkungan agar tak perlu melepasnya ketika dipindahkan ke dalam tanah.

3. Pemupukan Cabe

Cabe termasuk tanaman yang rentan terkena hama, sehingga harus rutin dilakukan pemupukan. Manfaatkanlah pupuk kompos atau organik. Bisa Anda buat sendiri dengan menggunakan kotoran hewan, seperti kambing, sapi dan lainnya.

4. Perawatan Tanaman Cabe

Rawatlah tanaman cabe dengan rutin menyiramnya setiap hari, pada pagi dan sore hari. bersihkan rumput dan tanaman liar lainnya yang tumbuh di sekitar tanaman cabe. Periksa secara detail bila ada hama atau hewan lain yang mengganggu pertumbuhan tanaman cabe.

Jika Anda melakukan seluruh langkah cara menanam cabe di polybag di atas dengan baik, maka bisa dipastikan tanaman cabe Anda akan tumbuh subur dan cepat berbuah. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkannya untuk penambah cita rasa setiap kali diperlukan. Wah, mengasyikkan ya!

Tidak ada komentar untuk "Cara Menanam Cabe dengan Polybag Agar Cepat Berbuah"