Cara Menanam Selada di Botol Bekas

tukangkuli.com - Botol bekas merupakan jenis sampah yang sering menimbulkan masalah di lingkungan. Seperti banjir dan sumber penyakit berbahaya. Daripada mengotori rumah Anda, kenapa tidak dimanfaatkan sebagai media tanam sayuran. Selada misalnya. Cara menanam selada di botol bekas tidak sulit.

Anda bisa memanfaatkan botol bekas berukuran 600 ml atau yang lebih besar lagi. Selada bukan hanya dikenal sebagai sayur lalapan yang segar disantap. Tetapi juga varian dalam menu masakan lainnya. Seperti nasi goreng, hamburger dan lainnya.

Inilah Cara Menanam Selada yang Mudah Dipraktekkan!

Menanam Selada

Selada termasuk dalam komoditi yang laris di pasaran. Banyak rumah makan, restoran dan kafe yang memanfaatkannya sebagai bahan makanan. Sayuran ini juga cukup fleksibel untuk ditanam di pekarangan rumah. Pahami caranya berikut ini.

1. Cara Memilih Bibit Selada Berkualitas

Bibit selada bisa diperoleh dengan membelinya langsung pada petani atau di toko pertanian. Pilihlah yang benar-benar berkualitas unggul. Ada banyak jenis selada di alam ini. Pilihlah yang diperuntukkan untuk konsumsi pribadi.

2. Mempersiapkan Media Tanam

Siapkanlah media tanam terbaik untuk menumbuhkan selada, yang terdiri atas sekam padi, tanah gembur dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 2:1:1. Masukkan dalam sebuah ember atau wadah berukuran besar, lalu aduk hingga tercampur rata. Siram dengan sedikit air untuk melembabkan media tanam.

Botol plastik yang akan dijadikan media tanam harus dibuang satu bagian sampingnya. Hingga terbentuklah media tanam yang memanjang. Beri lubang pada bagian bawahnya sebanyak 4-5 lubang. Fungsinya untuk sirkulasi udara. Kemudian isi dengan media tanam secukupnya.

3. Cara Menanam Selada

Bibit Selada

Setelah media tanam siap, langkah berikutnya ialah menanam selada. Lubangi media tanam sedalam 2 cm dengan menggunakan jari tangan. Masukkan benih selada ke dalamnya. Tutup lagi dengan tanah sambil dipadatkan. Lalu siramlah dengan air agar kondisi tetap lembab.

Anda bisa menggantung tanaman selada dalam media tanam di pagar rumah. Atau membuat tangga dari kayu, dan meletakkannya di atasnya.

4. Cara Merawat Tanaman Selada

Selain penyiraman secara rutin, tanaman selada juga memerlukan perawatan lainnya. Seperti penyiangan dari tanaman gulma yang mampu mencuri nutrisi dari dalam media tanam. Pastikan kondisi tanah selalu lembab karena tanaman selada tidak bisa berkembang maksimal di tanah yang kering.

Bila terdapat hama tanaman, Anda bisa mengatasinya dengan menyemprotkan pembasmi hama khusus tanaman.

Masa panen selada bisa dilakukan setelah mencapai usia 40 hingga 60 hari sejak ditanam. Cara memanennya sangatlah mudah. Cukup dengan mencabut selada sampai ke akarnya, kemudian cuci sampai bersih. Begitu dipanen, selada harus langsung dikonsumsi atau dijual karena masa segarnya cukup terbatas.

Itulah beberapa cara menanam selada dengan menggunakan botol plastik yang bisa Anda praktekkan di rumah.

2 komentar untuk "Cara Menanam Selada di Botol Bekas"

  1. Tanya Om, bagaimana cara menyemai selada yang benar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lubangi media tanam sedalam 2 cm dengan menggunakan jari tangan. Masukkan benih selada ke dalamnya. Tutup lagi dengan tanah sambil dipadatkan. Lalu siramlah dengan air agar kondisi tetap lembab.

      Hapus

Posting Komentar